UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 PARAKAN TRENGGALEK

WIDAYANTI, WINDA (2014) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 PARAKAN TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-windawiday-37841-1-pendahul-n.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-windawiday-37841-2-babi.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Sembilan dari limabelas siswa di SDN 3 Parakan Trenggalek memperoleh nilai yang rendah pada mata pelajaran bahasa indonesia materi menulis karangan. Nilai siswa dalam menulis karangan dibawah nilai KKM. Batas minimum Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 65. Kesalahan siswa dalam menulis karangan berbeda-beda. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah mencari tahu dimanakah pada umumnya letak kesalahan siswa dalam menulis karangan dan mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesalahan ejaan yang dilakukan oleh siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Tes dan wawancara dilaksanakan di SDN 3 Parakan Trenggalek dengan subyek siswa kelas 4 berjumlah 15 siswa. Desain penelitian adalah seperti ulangan harian, diadakan satu kali pertemuan. Teknik analisis data adalah non statistik. Data yang muncul bukan berupa angka-angka melainkan rangkaian kata-kata. Analisis data dilakukan dengan mengoreksi seluruh hasil karangan siswa, menganalisis kesalahan ejaan yang meliputi pemenggalan kata pada ujung baris, pemakaian huruf kapital dan huruf miring, penulisan kata, unsur serapan, angka, dan pemakaian tanda baca, mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan kemudian memasukkan ke dalam tabel-tabel hasil penelitian, dan menggadakan tringanggulasi data berupa hasil tes siswa dengan hasil wawancara kepada guru kelas. Hasil analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan siswa menunjukkan bahwa 1 responden melakukan kesalahan pemenggalan kata pada ujung baris, 15 responden melakukan kesalahan pemakaian huruf kapital, 7 responden melakukan kesalahan penulisan kata depan di dan ke, 1 responden melakukan kesalahan penulisan kata singkatan, 15 responden melakukan kesalahan pemakaian tanda baca titik, 5 responden melakukan kesalahan pemakaian tanda baca koma, dan 2 responden melakukan kesalahan pemakaian tanda hubung. Upaya atau strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran bervariasi disesuaikan dengan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan kartu pemenggalan kata untuk mengatasi kesalahan pemenggalan kata pada ujung baris, buku saku digunakan untuk meningkatkan daya ingat siswa tentang pemakaian huruf kapital, peta konsep untuk mengatasi masalah kesalahan penulisan kata depan di dan ke, media balok kata cerdas untuk mengatasi kesalahan penulisan singkatan, dan karangan rumpang untuk mengatasi kesalahan pemakaian tanda baca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:45
Last Modified: 06 Apr 2016 01:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24839

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo