UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN TGT DENGAN MEDIA PATUNG BILBUL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS 4 SDN BANJARIMBO 1 PASURUAN

FIRDAUS, ZAINUL (2014) PENGGUNAAN TGT DENGAN MEDIA PATUNG BILBUL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS 4 SDN BANJARIMBO 1 PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zainulfird-37844-1-pendahul-n.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zainulfird-37844-2-babi.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesulitan yang dialami siswa kelas 4 SDN Banjarimbo 1 Pasuruan pada materi bilangan bulat.. Hal ini disebabkan oleh dominasi metode ceramah yang digunakan oleh guru, mengakibatkan pembelajaran berpusat pada guru. Berdasarkan pengamatan, juga tidak terdapat penggunaan media yang mendukung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode TGT dengan Media Patung Bilbul untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi bilangan bulat siswa kelas 4 SDN Banjarimbo 1 Pasuruan, (2) peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode TGT dengan media patung bilbul, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui metode TGT dengan media patung bilbul. Metode TGT memiliki kelebihan untuk menciptakan suasana persaingan yang positif diantara siswa. Media yang sesuai adalah media patung bilbul yang menggunakan konsep pencacah. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai sumber data dipilih siswa kelas 4 SDN Banjarimbo 1 Pasuruan tahun ajaran 2013/2014. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil analisis, diketahui motivasi ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pengukuran motivasi klasikal siklus 1 mencapai 91,1% sedangkan siklus 2 sebesar 91,5% dengan kategori berhasil. Hasil belajar siklus 1 menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 75% sedangkan siklus 2 sebesar 83%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode TGT dengan media patung bilbul dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Apr 2016 01:31
Last Modified: 06 Apr 2016 01:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24822

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo