UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI INQUIRY DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SDN GANGGANG TINGAN NGIMBANG LAMONGAN

Bachtiar, Benny Arthur (2014) PEMBELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI INQUIRY DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SDN GANGGANG TINGAN NGIMBANG LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bennyarthu-36285-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bennyarthu-36285-1-pendahul-n.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksaan strategi pembelajaran inquiry discovery learning ini bahwa guru menyajikan bahan pelajaran tidak bentuk dalam hal yang final, tetapi anak didik di beri peluang untuk mencari dan menemukannya sendiri dengan mempergunakan teknik pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategiinquiry discovery learning di kelas VSDN Ganggang Tingan Ngimbang Lamongan. (2) Mendiskripsikan hasil pembelajaran IPA dengan strategi inquiry discovery learning pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas V SDN Ganggang Tingan Ngimbang Lamongan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti ingin melihat secara langsung tanpa memberikan perlakuan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi inquiry discovery learning di kelas VSDN Ganggang Tingan Ngimbang. Dengan jumlah siswanya sebanyak 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi inquiry discovery learningyaitu melibatkan secara aktif siswa merupakan suatu keharusan sedangkan peran guru adalah sebagai fasilitator. Siswa dituntut terlibat dalam menciptakan sebuah produk yang menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari atau dalam melakukan sebuah investigasi. (2) Hasil pembelajaran IPA dengan strategi inquiry discovery learningpada aspek kognitif merupakan hasil belajar yang berhubungan dengan kemampuan intelektual (Pengetahuan atau ingatan, Pemahaman, Aplikasi,dan Analisis).Aspek afektif terdiri diri dari dua aspek (Penerimaan dan jawaban atau reaksi).Sedangkan dari aspek psikomotoris berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 10:28
Last Modified: 05 Apr 2016 10:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24803

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo