UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMEN) KELAS IV SDN 04 PRAMBON TRENGGALEK

ANSHORI, DENY KHOIRUL (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMEN) KELAS IV SDN 04 PRAMBON TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denykhoiru-36287-2-babi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denykhoiru-36287-1-pendahul-n.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru kelas IV SDN Prambon 04 Trenggalek, diketahui proses pembelajaran menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan di kelas IV SDN Prambon 04 Trenggalek belum berpusat pada siswa, sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Rumusan masalah yang akan dikaji yaitu: bagaimana penerapan model kooperatif tipe TGT dan melalui model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan kelas IV SDN Prambon Trenggalek. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan kelas IV SDN Prambon 04 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV SD Negeri 04 Prambon Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Penulisan ini dilakukan pada bulan Januari 2014 dalam dua tahap, yaitu tahap pendahuluan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dilakukan dengan tahapan: (1) penyajian materi/presentasi kelas (2) belajar kelompok (3) games, dan (4) tournamen. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, untuk hasil belajar siswa yang diukur dari prosentase ketuntasan belajar minimal secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I secara klasikal rata-rata ketuntasan belajar adalah 58,89% atau 10 siswa sudah dikatakankan tuntas dan jumlah ini meningkat pada siklus II sebesar 73,56% atau 16 siswa yang tuntas sehingga pada siklus II sudah dikatakan selesai karena lebih dari 70% siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 10:27
Last Modified: 05 Apr 2016 10:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24801

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo