UMM Institutional Repository

TECHNIQUE OF TEACHING VOCABULARY IN THE FIRST GRADE SPECIAL (= UNGGULAN) CLASS AT SMP N 1 BANGIL (A DESCRIPTIVE STUDY)

Pratiwi, Wastu Panji (2014) TECHNIQUE OF TEACHING VOCABULARY IN THE FIRST GRADE SPECIAL (= UNGGULAN) CLASS AT SMP N 1 BANGIL (A DESCRIPTIVE STUDY). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wastupanji-36853-1-pendahul-n.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wastupanji-36853-2-chapteri.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Bahasa inggris memiliki empat kecakapan, mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. Di dalam Bahasa Inggris, kosa kata adalah salah satu komponen yang dapat menjadi keahlian dalam menggunakan Bahasa Inggris ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini terarah pada teknik yang digunakan Guru Bahasa Inggris dalam pengajaran kosa kata kepada siswa kelas satu di SMP N1 Bangil. Penelitian ini mencoba menemukan teknik apa saja dalam pengajaran kosa kata yang digunakan Guru, dan bagaimana Guru mengimplementasikan teknik tersebut didalam pengajaran kosa kata di dalam kelas. Penelitian ini mengunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang didapatkan dari data berfokus pada permasalahan penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah satu Guru Bahasa Inggris dan satu kelas siswa kelas satu unggulan di SMP N1Bangil. Ada dua instrumen untuk pengumpulan data didalam penelitian ini, adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwaGuru menggunakan empat tahapan berdasarkan teknik yang digunakkan Choyimah teknik didalam mengajar kosa kata untuk siswa; antara lain pembelajaran menggunakan pemahaman-fokus pemasukan dan hasil, pembelajaran fokus bahasa, pengembangan kelancaran, dan evaluasi. Guru memiliki bervariasi cara dalam mengimplementasikan teknik tersebut. Untuk teknik pembelajaran menggunakan pemahaman-fokus pemasukan dan hasil, Guru memberikan beberapa topic dan bertanya kepada siswa untuk menyebutkan beberapa kata yang siswa tersebut ketahui. Untuk teknik pembelajaran fokus bahasa, Guru mencontohkan bagaimana membaca, mengucapkan kata dengan pengucapan yang jelas dengan penekanan dan intonasi yang tepat. Untuk teknik pengembangan kelancaran, guru fokus pada pemahaman isi dari teks bacaan, membaca teks mudah dan sepuluh menit aktifitas menulis memberi harapan siswa untuk meningkatkan kosa kata mereka secara penerimaan dan produktifitas. Untuk teknik evaluasi, Guru mencatat kosa kata yang siswa hasilkan selama proses belajar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 05 Apr 2016 10:06
Last Modified: 28 Feb 2018 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24784

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo