UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERIDENTITAS MELALUI ROLE PLAYINGDALAM PEMBELAJARAN IPA SD KELAS IV DI SDN 02 SIKI KABUPATEN TRENGGALEK

INDRAWAN, DENI (2014) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERIDENTITAS MELALUI ROLE PLAYINGDALAM PEMBELAJARAN IPA SD KELAS IV DI SDN 02 SIKI KABUPATEN TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deniindraw-36302-2-babi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deniindraw-36302-1-pendahul-n.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran dan lemahnya kemampuan guru menciptakan media pembelajaran membuat penerapan metode ceramah dan pemberian tugas pada lembar kerja siswa menjadi pilihan utama, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Hasil analisis kebutuhan di SDN 02 Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek diketahui belum adanya media pembelajaran IPA yang dapat digunakan sebagai media yang menarik motivasi belajar siswa. Pada pembelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kurang memahami materi tersebut, selain itu siswa kurang kondusif pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga dibutuhkan adanya sebuah media pembelajaran IPA yang dapat digunakan untuk menarik motivasi belajar dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Adanya media Gambar Beridentitas di dalam interaksinya siswa dengan sebuah gambar mereka akan berfikir makna apa yang terkandung dalam gambar tersebut melalui proses pengamatan, pemahaman, kemudian menarik kesimpulan, kesimpulan itulah yang bisa disebut sebagai identitas dari gambar. Proses tersebut akan didapat pada saat siswa melalukan kegiatan mencari pasangan dan mempresentasikan hasilnya melalui role playing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Gambar Beridentitas sebagai media yang menarik untuk siswa SD kelas IV pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, penelitian ini berhenti sampai tahap keenam yakni tahap uji coba produk. Kualitas media Gambar Beridentitas berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media memiliki kategori sangat baik atau sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Terbukti dari persentase hasil analisis respon ahli materi adalah 90%, presentase hasil analisis respon ahli media adalah 98%. Respon siswa terhadap media pembelajaran media Gambar Beridentitas, pada uji tahap pertama diperoleh persentase 94,5 %, sedangkan pada uji produk tahap kedua diperoleh persentase 93,5 %. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media Gambar Beridentitas “sangat layak” untuk digunakan pada pembelajaran dan menjadi media yang menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 10:02
Last Modified: 05 Apr 2016 10:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24780

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo