UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS 2 MI MIFTAHUL ULUM KEC. KARANG PLOSO KAB. MALANG JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2013-2014

ASSEGAFF, SYARIFAH DELFYA (2014) ANALISIS PEMBELAJARAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS 2 MI MIFTAHUL ULUM KEC. KARANG PLOSO KAB. MALANG JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2013-2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syarifahde-36303-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syarifahde-36303-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penerapan berbagai metode dan media yang bervariasi dilakukan oleh guru selama mengajar matapelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan penugasan sedangkan media yang digunakan adalah media nyata yang ada dilingkungan siswa. Tetapi respon siswa terhadap pembelajaran Matematika masih kurang karena terdapat sebagian siswa belum aktif dalam proses pembelajaran dan cenderung hanya siswa menonjol yang terlihat aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran perkalian, kesulitan dan solusi selama proses pembelajaran mengggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan kejadian dilapangan. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Kecamatan Karang Ploso Kabupaten Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, menganalisa data dengan metode deskriptif kualitatif, analisis tentang proses pembelajaran dan hasil wawancara yang dilakukan untuk mengetahui kesulitan proses pembelajaran serta solusi yang digunakan. Berdasarkan hasil obeservasi penelitian diperoleh data bahwa proses pembelajaran perkalian menjadi cukup aktif selama menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Keaktifan tersebut ditandai dengan aktivitas guru selama mengajar dan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran pada petemuan ke I dilakukan guru dengan mengajar menggunakan media alat tulis dan membentuk siswa menjadi kelompok besar sedangkan pada pertemuan ke II guru menggunakan media sedotan dan membagi siswa menjadi kelompok kecil. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data bahwa kesulitan guru selama mengajaryaitukemampuan siswa yang berbeda dalam memahami materi dan penggunaan media pembelajaran pada materi perkalian. Sedangkan kesulitan siswa yakni lambatnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan adalah melakukan pendekatan personal terhadap setiap siswa melalui kegiatan kerja kelompok dan pemberian les maupun pelajaran tambahan kepada siswa yang lambat memahami materi. Pemilihan media harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Media yang baik adalah media yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 10:00
Last Modified: 05 Apr 2016 10:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24778

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo