UMM Institutional Repository

CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERPEN "DUNIA PEREMPUAN" OLEH KORRIE LAYUN RAMPAN

KARTIKASARI, DEVI (2014) CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERPEN "DUNIA PEREMPUAN" OLEH KORRIE LAYUN RAMPAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-devikartik-37072-1-pendahul-n.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-devikartik-37072-2-babi.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelaahan deskriptif mengenai citra tokoh perempuan dalam kumpulan cerpen Dunia Perempuan oleh Korrie Layun Rampan. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimanakah keterkaitan unsur-unsur naratif yang terkait dengan citra perempuan yang terdiri dari tokoh dan latar pada kumpulan cerpen "Dunia Perempuan" oleh Korrie Layun Rampan, (2) Bagaimanakah perwujudan citra perempuan dalam aspek fisik, aspek psikis dan aspek sosial pada kumpulan cerpen "Dunia Perempuan" oleh Korrie Layun Rampan? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif ini akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dalam kumpulan cerpen Dunia Perempuan oleh Korrie Layun Rampan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis tentang fenomena yang diselidiki sebagaimana adanya, sehingga tahap pendeskripsian makna di dalam teks sastra sepenuhnya tidak bertolak dari makna yang terkandung dalam teks sastra tersebut. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Struktur naratif yang membangun cerita dalam kumpulan cerpen Dunia Perempuan, yaitu tokoh perempuan dalam cerita menggambarkan karakter masing-masing. Sedangkan latar cerita meliputi tiga unsur, yaitu latar tempat (yang banyak terjadi di rumah tokoh utama) merupakan tempat berlangsungnya berbagai peristiwa yang dialami oleh tokoh utama, latar waktu (biasanya terjadinya pukul berapa dan saat kapan), sedangkan latar sosial (menunjukkan kehidupan tokoh sosial seorang tokoh perempuan yang dalam menjalani kehidupannya sebagai wanita yang sabar, kuat, dan tangguh dalam perjuangan dan tantangan-tantangannya tersendiri), (2) Perwujudan citra tokoh perempuan digambarkan dalam aspek fisik, psikis, dan sosial. Citra diri seorang perempuan dalam aspek fisik yaitu dilihat dari segi perilaku tokoh perempuan, jenis kelamin, dan ciri jasmani atau bentuk tubuh tokoh perempuan. Sedangkan citra diri seorang perempuan dalam aspek psikis berkaitan dengan perasaan, perilaku, dan pikiran tokoh perempuan dalam cerita. Perwujudan citra seorang perempuan dalam aspek sosial seorang perempuan yaitu dilihat dari peran sebagai pribadi yang baik, peran sebagai seorang istri, dan peran dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:58
Last Modified: 27 Feb 2018 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24775

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo