UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SA-WA (ISA JAWA) PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN 2 SIKI KABUPATEN TRENGGALEK

ANDRIANTO, AAN (2014) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SA-WA (ISA JAWA) PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN 2 SIKI KABUPATEN TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aanandrian-36764-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aanandrian-36764-1-pendahul-.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran bahasa Jawa adalah program pengajaran bahasa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Jawa serta sikap positif bahasa Jawa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di sekolah diketahui bahwa keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan lemahnya kemampuan guru menciptakan media membuat penerapan metode ceramah menjadi pilihan utama, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan belum sesuai dengan yang diharapkan serta keterampilan siswa sesuai tata berbahasa jawa/unggah-ungguh basa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk, media komik Sa-Wa (Isa Jawa) sebagai media pembelajaran bahasa Jawa yang menarik untuk siswa kelas IV SD dan mengetahui tingkat kelayakan produk media komik Sa-Wa (Isa Jawa) melalui validasi beberapa ahli dan ujicoba produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun tahapannnya sebagai berikut; (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data (melalui observasi dan wawancara kepada guru kelas IV SD); (3) Desain Produk (merancang media komik Sa-Wa yang menarik); (4) Validasi Desain (melalui uji ahli media pembelajaran dan uji ahli materi bahasa Jawa); (5) Perbaikan Desain (menghasilkan tingkat kevaliditasan produk, maka kelemahan yang ditemukan direvisi kembali); (6) Ujicoba Produk (subjek uji coba siswa kelas IV SDN 1 Siki, SDN 2 Siki dan SDN 3 Siki); (7) Revisi Produk; (8) Ujicoba Pemakaian; (9) Revisi Produk Tahap Akhir, dan (10) Produksi Massal. Pengembangan produk dalam penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah uji coba produk. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, media pembelajaran komik Sa-Wa berdasarkan validasi dari ahli media dan ahli materi bahasa Jawa memiliki kategori sangat baik. Persentase keidealan ahli media pembelajaran adalah 98,09%, presentase keidealan ahli materi materi bahasa Jawa adalah 100% termasuk dalam kriteria sangat baik dengan kategori sangat layak atau sangat valid. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 11 siswa kelas IV SDN 2 Siki kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek diperoleh persentase 93,13%, sedangkan pada uji kelompok besar pada 32 siswa kelas IV dari SDN 1 Siki dan SDN 3 Siki kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek diperoleh persentase 90,35%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media komik Sa-Wa dapat dijadikan media alternatif dalam pembelajaran, khususnya kelas IV SD dalam pembelajaran bahasa Jawa materi unggah-ungguh basa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:54
Last Modified: 05 Apr 2016 09:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo