UMM Institutional Repository

SKRIPSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN MENGHARGAI PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

WIJAYA, MUHAMMAD GIGIH (2014) SKRIPSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN MENGHARGAI PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadgi-36781-2-babi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadgi-36781-1-pendahul-n.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran merupakan satu tolak ukur untuk melihat keberhasilan proses pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pelajaran IPS pada jenjang Sekolah Dasar adalah “menghargai peranan tokoh perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia”. Berdasarkan hasil observasi di SD Muhammadiyah 1 Malang, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami tujuan dari pembelajaran pelajaran IPS. Berdasarkan hal itu, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS tentang menghargai peranan tokoh perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Malang? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran IPS tentang menghargai peranan tokoh perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Malang? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penggunaan jenis penelitian ini dimaksudkan untuk dijadikan sebagai solusi terhadap permasalahan proses pembelajaran yang terjadi di lokasi penelitian yang sudah ditentukan. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Dari beberapa prosedur tersebut peneliti berhasil menemukan cara pelaksanaan metode bermain peran pada pelajaran IPS sekaligus menemukan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan metode bermain peran. Dari hasil analisis dan pembahasan, maka diperoleh simpulan bahwa langkah-langkah penerapan metode bermain peran sebagai berikut: (a)Pemanasan, (b)Membentuk kelompok yang terdiri dari 7-9 siswa kemudian membagi peran yang akan dimainkan, (c)Menata panggung pementasan dan menyiapkan aksesoris – aksesoris yang dipakai saat pementasan, (d)Pemilihan pengamat, (e)Memulai bermain peran, (f)Diskusi, (g)Pembahasan diskusi dan evaluasi, (h.)Berbagi. Selainitu,rata-rata ketuntasan belajar siswa pad siklus II sebesar 20 siswa (80%) yang mengalami peningkatan dari 13 siswa (52%) pada siklus I. Sedangkan rata-rata ketidaktuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 12 siswa (48%) dan menurun menjadi 5 siswa (20%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:36
Last Modified: 05 Apr 2016 09:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24754

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo