UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS V SDN SUMBERSARI II KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Ali, Muhammad Mahrus (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS V SDN SUMBERSARI II KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadma-36782-2-babi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadma-36782-1-pendahul-n.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara pada guru kelas terdapat kesulitan yang dialami siswa SDN Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Adapun kesulitan yang dimaksud diantaranya dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang aktif berfikir atau melibatkan dalam proses berfikir ilmiah dalam pembelajaran, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diataranya yaitu: Guru kurang bervariasi dalam penggunaan metode karena metode yang dipakai sebelumnya berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran oleh karena itu siswa tidak melakukan pembelajaran secara langsung dalam penggunaan media atau alat belajar di dalam kelas. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar klasikal belum dapat mencapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya di kelas V SDN Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Agar tercapainya tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dua kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada pada tanggal 24-25 Februari dan pada tanggal 6-7 Maret. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri pada hasil pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya mengalami peningkatan di SDN Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus ke I jika dibandingkan dengan siklus ke II dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 57,14% kategori (Kurang) dan siklus II diperoleh 82.14% kategori (Baik). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Sumber Sari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:34
Last Modified: 05 Apr 2016 09:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo