UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MEDIA POHON PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PECUK KABUPATEN TULUNGAGUNG

Sari, Putri Malta (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MEDIA POHON PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PECUK KABUPATEN TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrimalta-36783-2-babi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrimalta-36783-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Hasil wawancara dengan guru kelas diketahui bahwa siswa masih kesulitan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Kesulitan yang dimaksudkan adalah sulitnya siswa untuk memahami materi. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang masih menerapkan metode ceramah dan guru juga terpaku pada buku panduan. Saat guru menjelaskan sebagian besar siswa ramai dan tidak memperhatikan, akibatnya banyak siswa yang tidak paham terhadap materi. Hal itu diketahui dari hasil belajar siswa yang 70% di bawah kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pendekatan Open-Ended dan media pohon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 12 siswa SDN 1 Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung semester genap tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Open-Ended dan media pohon dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 16,67%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 883,33%. Peningkatan hasil dalam penelitian ini sangat signifikan, hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya yaitu strategi yang digunakan oleh guru sudah tepat. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Open-Ended dan media pohon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Pecuk Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:32
Last Modified: 05 Apr 2016 09:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24750

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo