UMM Institutional Repository

SOSOK PRIA DALAM KONSTRUKSI MEDIA”. (Analisis Framing dalam Rubrik “hot papa” Jawa Pos edisi April-Juni 2013)

WIDODO, ARISTANTIA SUKMA (2014) SOSOK PRIA DALAM KONSTRUKSI MEDIA”. (Analisis Framing dalam Rubrik “hot papa” Jawa Pos edisi April-Juni 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aristantia-34724-1-pendahul-n.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aristantia-34724-2-babi.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Kehadiran berita yang membahas tentang pria ideal membawa keunikan tersendiri di dalam surat kabar Jawa Pos, tepatnya rubrik hot papa. Bagi pria tersebut, pembentukan berita yang positif dapat membantu mereka untuk melakukan sosialisasi pada siapapun dan di manapun. Gaya hidup sosok pria ideal kini menjadi suatu pembahasan yang menarik dalam rubrik hot papa yang terbit setiap hari Minggu. Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengetahui lebih lanjut dengan melakukan penelitian yang diberi judul “SOSOK PRIA DALAM KONSTRUKSI MEDIA”. (Analisis Framing dalam Rubrik “hot papa” Jawa Pos edisi April-Juni 2013). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode ini berusaha mengerti dan menafsirkan makna dari suatu teks dengan jalan menguraikan mengenai bagaimana media membingkai isu. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu (Kriyantono,2006:69). Dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing untuk mencari bagaimana realitas yang dibentuk dan dikonstruksi oleh media. Analisis framing adalah strategi konstruksi dan memproses berita. Perangkat kognisi yang digunakan dalam mengkode informasi, menafsirkan peristiwa dan dihubungkan dengan rutinitas dan konveksi pembentukan berita (Pan,Kosicki, dikutip Eriyanto,2011:79). Setelah dianalisis menggunakan framing Model Pan dan Kosicki pada rubrik hot papa tersebut, yakni melalui empat elemen unsur penelitian teks antara lain latar infomasi (Sintaksis), kelengkapan berita (Skrip), Hubungan antar kalimat (Tematik), dan penggunaan grafis pendukung (Retoris), menunjukkan bahwa Jawa Pos melalui Rubrik Hot Papa memberikan sebuah pemahaman-pemahaman tentang bagaimana membina sebuah rumah tangga yang harmonis melalui sebuah bentuk berita features inspiratif dari berbagai kalangan. Pemuatan kisah yang menarik dengan penggunaan gaya bahasa yang sederhana juga sangat membantu pesan yang ingin disampaikan oleh rubrik hot papa kepada para pembaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam rubrik hot papa, pria digambarkan dengan berbagai karakteristik, pria selalu menjadi sosok utama dalam keharmonisan maupun kebahagiaan dalam rumah tangga. Menekankan tentang pentingnya pembagian peran kepada setiap anggota keluarga serta memberikan sistem-sistem tertentu dalam mengatur rumah tangga menjadi fokus utama rubrik hot papa. Setiap media selalu mempunyai cara sendiri untuk meyakinkan pembaca dalam setiap isu yang diterbitkan. Bahkan melalui analisis framing dapat diketahui tentang segmentasi pembaca melalui konten teks dan bahasa yang digunakan. Dalam artian lain media satu dengan media lain melahirkan karya-karya jurnalistik yang menarik karena selalu ada perbedaan dalam setiap teknik pembingkaiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:33
Last Modified: 05 Apr 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24748

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo