UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) KELAS I SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

MEYKASARI, VINA (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) KELAS I SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vinameykas-36786-2-bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vinameykas-36786-1-pendahul-n.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang baik salah satunya adalah memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penggunaan media dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan. Kurangnya media pembelajaran di dalam kelas membuat siswa kurang aktif dan monoton dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan sekolah dasar, dibutuhkan sebuah media pembelajaran tematik digunakan agar pembelajaran tematik berjalan dengan efektif. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dalam pembelajaran tematik kelas I SD dari jenis media dua dimensi dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Bord & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, peneliti ini berhenti sampai tahap kedelapan yakni tahap uji coba pemakaian. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) menunjukkan persentase 96,6 % dengan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 83,3 %, sedangkan hasil yang diperoleh dari pembelajaran tematik SD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 81, 6 %. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 12 siswa kelas I SDN KEPUHARJO 1 menunjukkan kiteria sangat valid dengan persentase respon positif siswa kelas sebanyak 92,5 % . Sedangkan uji kelompok besar kepada 40 siswa kelas I SDN LOWOKWARU 2 menunjukkan kriteria sangan valid dengan persentase sebesar 95 %. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dalam pembelajaran tematik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada tematik kelas I SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:26
Last Modified: 05 Apr 2016 09:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24743

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo