UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MEDIA TENTANG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM BERITA SIDANG PERDANA LUTHFI HASAN ISHAAQ TERKAIT KASUS KUOTA DAGING IMPOR (Analisis Framing Website Kompas.com dan Republika Online Tanggal 24 Juni 2013)

PRAMANDO, REFFANANDA (2014) KONSTRUKSI MEDIA TENTANG PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM BERITA SIDANG PERDANA LUTHFI HASAN ISHAAQ TERKAIT KASUS KUOTA DAGING IMPOR (Analisis Framing Website Kompas.com dan Republika Online Tanggal 24 Juni 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-reffananda-34725-1-pendahul-n.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-reffananda-34725-2-babi.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Sebuah pemberitaan, media massa khususnya media online memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melakukan pemberitaan, seperti yang dilakukkan media Kompas.com dan Republika online dalam mengkontruksi peberitaan tentang keterlibatan PKS dalam sidang perdana Luthfi. Media memiliki tujuan dalam setiap pemberitaannya. Berdasarkan latar belakang yang ada maka maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kontruksi media Kompas.com dan republika Online dalam memberitakan kasus suap daging impor dan partai PKS. Landasan Teoritik dalam penelitian ini adalah media massa dan kontruksi realitas sosial merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena terdapat bias pesan di tengah realitas sosial tersebut. Selain itu untuk mengatuhui pengaruh isi pesan digunakan hirarki level konteks, dimana level-level tersebut yang mempengaruhi teks media. Tidak hanya itu, digunakan juga konsep framing untuk mengurai makna dibalik teks. Dari setiap pemaknaan dalam berita maka digunakanlah juga framing dan ideologi, oleh sebab itu pemberitaan tidak dapat lepas dari pengaruh relasi kekuasaan dalam media. Peneliti menggunakan analisis framing dengan pendekatan kualitatif interpretatif dimana dalam pendekatan ini hasil penelitian tergantung dari data temuan yang peneliti lakukan. Kemudian, dari beberapa tokoh dalam analisis framing, peneliti lebih cenderung menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosiscki. Hal ini karena struktur yang dimiliki lebih lengkap dibandingkan dengan model yang lain. Dalam model framing ini, dibagi menjadi empat struktur besar, yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan Kompas.com masih menunjukkan usaha media untuk melakukan pendekatan pada objektifitas terhadap pemberitaan. Hal tersebut terlihat dari berita yang dibuat, pemilihan judul, dan narasumber yang dipilih untuk memperkuat penilaian yang lebih objektif. Terlihat juga Kompas.com melakukan kritik secara halus terhadap Partai Keadilan Sosial. Kompas.com melakukan pemilihan kata yang akan digunakan dalam menyusun berita dan menggunakan istilah untuk mendukung berita yang mereka buat. berbeda framing yang dilakukan oleh Republika Online terhadap pemberitaan mengenai Partai Keadilan Sosial terkait sidang perdana Luthfi cenderung berpihak kepada partai tersebut. Hal ini didasari dari pemilihan narasumber dan judul menunjukkan Republika online menggunakan nama kader PKS yang memiliki kedekatan dengan media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:25
Last Modified: 05 Apr 2016 09:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo