UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NASKAH PIDATO SISWA SEMESTER 2 KELAS VIIIA SMP AISYIAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG MELALUI TEKNIK PEMODELAN

NURUSSAMSI, MOH. (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NASKAH PIDATO SISWA SEMESTER 2 KELAS VIIIA SMP AISYIAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG MELALUI TEKNIK PEMODELAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohnurussa-35669-1-pdfpend-1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohnurussa-35669-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Berdasarkanobservasi yang dilakukanpeneliti di SMP AisyiahMuhammadiyah 3 Malanag, tentanginformasi proses pelajaran Bahasa Indonesia, informasi yang didapattentangpembelajaranmembacanaskahpidato, haltersebutpadasaat proses pembelajaranberlangsumdiketahuibeberapasiswa yang dudukdibangku paling belakangterlihatberbicaradengantemannyasertabeberapasiswatidakmemperhatikanapa yang disampaikanoleh guru, haltersebutdikarenakandalampembelajaraniniMetodeyang digunakanoleh guru tidakmenarik. Permasalahan yang munculdilapanganadalahBagaimanaPeningkatanKemampuanMembacaNaskahPidatoSiswa Semester 2 Kelas VIIIA SMP AisyiahMuhammadiyah 3 Malang.Dari masalahtersebutsehinggapenelitiMenerapkanmetodeteknikpemodelan. Tujuanpenelitianini, (1) Mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacanaskahpidatosiswasetelahditerapkanteknikpemodelanpadaaspek-aspektersebut, (2) Untukmengetahuikemampuansiswamembacapidatosetelahmenggunakanteknikpemudelan, (3)Untukmengetahuipengaruhdanhambatansiswakelas VIIIA SMP AisyiahMuhammadiyah 3 Mlangmelaluiteknikpemodelan. Penelitianiniberbentukdiskriftifkualitatif.Metode yang digunakanadalahmetode content analysis. Sumber data adalahobservasi,wawancaradanhasiltessiswa yang terdapatPadaPeningkatanKemampuanMembacaNaskahPidatoSiswa Semester 2 Kelas VIII SMP AisyiahMuhammadiyah 3Malang MelaluiTeknikPemodelan.Teknikanalisis data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradantes.Prosedurpenelitian yang dilakukanterdiriatasbeberapatahapyaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Berdasarkanhasildarikemampuanmembacanaskahpidato melalui teknik pemodelan padasiklus 1, diperoleh siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa dari 21 yang mengikuti tes, haltersebutmasih dalam kriteria rendah dan rata-rata kelas mencapai 70,8. Faktor yang menyebabkan siswa pada pembelajaran siklus 1 ini masih ada yang belum tuntas, disebabkan siswa yang duduk dibangku paling belakang masih terlihat ngobrol dengan sendirinya serta siswa masih merasa malu atau kurang mental untuk bertanya jika ada materi yang belum dipahami, sehigga proses pembelajaranpadasiklus 1 kurangmaksimalatau dengan presentase 65%. Adapaun peningkatan hasil belajar pada siklus 2, siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 24 siswa dari 24 siswa yang mengikuti tes atau dengan presentase 100 % dengan kriteria tinggi, dan rata-rata kelas mencapai 85,5. Hal tersebut disebabkan siswa sudah dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Guru menjelaskan materi dengan cara berkeliling kelas dan memberikan pertanyaan-pertanyaan sekaligus memberikan point bagi siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:17
Last Modified: 05 Apr 2016 09:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo