UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV – VI SDN MOJOLANGU 5 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

ANJASSARI, MITRA (2014) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV – VI SDN MOJOLANGU 5 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mitraanjas-34729-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mitraanjas-34729-1-pendahul-n.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Anjassari, Mitra (2014).Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV – VI SDN Mojolangu 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Dr. Ichsan Anshory AM., M.Pd (II)Dr. Endang Poerwanti, M.Pd Kata kunci:Analisis, Pelaksanaan Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar Aspek-aspek yang harus dipelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini sangat luas, meliputi aspek hubungan sosial, ekonomi, psikologi, budaya, sejarah, geografi dan politik. Hal ini dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SD tidak sekadar menyampaikan materi tetapi juga perlu penggalian potensi dan aplikasi perkembangan yang adadi lingkungan ke dalam penyusunan materi. Pembelajaran IPS jugadituntutuntuktidakhanyaberorientasipada proses peningkatanpengetahuansaja, tetapijugaperluadanyasuatupeningkatanketerampilan, baikketerampilanmemperoleh, mengolah, danmenganalisisinformasi, sertaketerampilansosial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IV – VI SDN Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dan 2) mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IV – VI SDN Mojolangu 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data dalampenelitianiniadalahobservasi, wawancaramendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dalampenelitianinimenggunakantekniktriangulasi dari membandingkanhasilwawancara, observasi, dan dokumen. Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahreduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) Sebagian besar guru IPS SDN Mojolangu 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang membuat RPP hanya sebagai kelengkapan administrasi, belum dijadikan sebagai panduan dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran IPS yang dikelola guru juga masih belum dapat memenuhi standar proses sebagaimana yang ditetapkan melalui Permendiknas Nomor 41 tahun 2007, baik dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, maupun kegiatan penutup. 2) Faktor penghambatdalam pelaksanaannya adalah perangkat pembelajaran yang disusun guru belum sesuai dengan pelaksanaan di dalam kelas karena perangkat yang disusun hanya sebagai kelengkapan administrasi saja sehingga proses belajar tidak berjalan dengan maksimal, pencapaian dimensi-dimensi pembelajaran IPS yang masih kurang, keterbatasan jumlah guru, dan sarana dan media pelajaran yang kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 08:27
Last Modified: 05 Apr 2016 08:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo