UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MEDIA TENTANG KETERLIBATAN POLITISI PARTAI DEMOKRAT ANAS URBANINGRUM PADA KASUS KORUPSI PROYEK PEMBANGUNAN KOMPLEK OLAHRAGA DI BUKIT HAMBALANG (Analisis Wacana Koran Harian Pagi Surya edisi 9-12, 16, 18 dan 23 Februari 2013 )

Aryana, Riche (2014) KONSTRUKSI MEDIA TENTANG KETERLIBATAN POLITISI PARTAI DEMOKRAT ANAS URBANINGRUM PADA KASUS KORUPSI PROYEK PEMBANGUNAN KOMPLEK OLAHRAGA DI BUKIT HAMBALANG (Analisis Wacana Koran Harian Pagi Surya edisi 9-12, 16, 18 dan 23 Februari 2013 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richearyan-34966-1-pendahul-n.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richearyan-34966-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas pemberitaan kasus korupsi sampai ditangkapnya Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat oleh KPK. Sehingga peristiwa itu menjadi polemik di masyarakat ataupun media massa salah satunya koran Harian Pagi Surya. Media tersebut memiliki strategi wacana untuk mengungkap kasus korupsi Anas Urbaningrum.. Maka permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana konstruksi media dalam memberitakan kasus korupsi Anas Urbaningrum dalam koran Harian Pagi Surya jika dilihat dengan analisis wacana. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi sosial dengan menganalisis interpretasi yang digunakan sejauh mana media dalam memberitakan kasus korupsi yang dilakukan oleh Anas di bukit Hambalang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang di kemukakan oleh Pamela J. Shoemaker tentang pengaruh isi media. Dalam teori ini, ada lima element penting yang mempengaruhi yakni individu pekerja media, pengaruh dari rutinitas media, pengaruh dari organisasi media, pengaruh dari luar media, pengaruh ideologi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitiannya interpretatif. Adapun ruang lingkup penelitiannya pada teks berita Rubrik Kasus Korupsi edisi 9-12, 16, 18 dan 23 Februari 2013. Metode yang digunakan adalah analisis wacana kritis Model Teun A. Van Dijk yang digambarkan mempunyai tiga dimensi yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Namun karena keterbatasan penelitian ini hanya menggunakan dua tahapan analisis yaitu hanya menghubungkan antara teks dan konteks. Dalam dimensi teks yang diteliti adalah struktur makro, struktur mikro dan superstruktur. Setelah menganalisis teks Rubrik Kasus Korupsi Anas Urbaningrum di Harian Pagi Surya ternyata dalam mewacanakan, media menggunakan elemen yang meliputi tema, skema,koherensi, metafora, leksikon, ekspresi yang bersifat netral, kata yang digunakan sopan walaupun terkadang beberapa judul ditulis dengan kata yang “pedas” serta mengkritik, informatif sehingga mudah untuk dipahami oleh konsumen atau pembaca. Secara struktur skema Harian Surya menggunakan bentuk font/ukuran yang sama pada setiap edisi, dicetak tebal dan ukurannya lebih besar. Sebagai penguat pemberitaan disertai adanya bukti foto yang menunjukkan ekspresi Anas Urbaningrum. Serta media lebih mengangkat kasus Anas Urbaingrum daripada kasus Lumpur Lapindo dan kasus Gayus Tambunan yang merupakan bagian dari konteks sosial. Hal ini sesuai dengan teori Hirarki pengaruh isi media (Shoemaker) yang menyatakan bahwa dalam membuat sebuah berita media dipengaruhi oleh lima level yaitu pengaruh individu pekerja media, rutinitas media, pengaruh organisasi, pengaruh luar organisasi media, pengaruh ideologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Apr 2016 08:46
Last Modified: 05 Apr 2016 08:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24704

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo