UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDN TAMBAKMENJANGAN III SARIREJO LAMONGAN

SARPIÂ’AH, (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDN TAMBAKMENJANGAN III SARIREJO LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarpiah201-34748-2-babi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarpiah201-34748-1-pendahul-n.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarpiah201-34748-2-babi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarpiah201-34748-1-pendahul-n.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

SARPIAH, 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Sifatnya Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Di Kelas V SDN Tambakmenjangan III Sarirejo Lamongan Kata kunci : Cahaya dan Sifatnya, Eksperimen Dalam proses belajar mengajar tidak hanya guru yang dituntut untuk aktif tetapi siswa juga harus aktif sebagai bentuk komunikasi yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan kelompok, karena hal itu selalu terkait dengan materi pembelajaran metode, media (sumber-sumber belajar lain yang digunakan) terdapat banyak cara untuk mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar diantaranya adalah dengan mengadakan eksperimen agar semua siswa aterlibat langsung dalam proses belajar mengajar. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya pada siswa kelas V SDN Tambakmenjangan III Sarirejo Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tambakmenjangan III Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan dimana peneliti melaksanakan tugas sebagai pengajar. Obyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 12 terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian diadakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPA tentang cahaya dan sifatnya. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam dua siklus Diskripsi siklus I dan siklus II meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Dalam perencanaan guru mempersiapkan beberapa hal sebelum pembelajaran antara lain rencana perbaikan, pembelajaran, alat peraga, lembar kerja, lembar tes dan instrumen observasi. Pelaksanaannya meliputi melaksanakan skenario pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan di RPP I dan melaksanakan penilaian, sedangkan pengumpulan data dilakukan pengamatan melalui lembar pengamatan tentang kegiatan siswa, kegiatan guru dan hasil pembelajaran siswa. Pada mata pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya, hasil pembelajaran pada siklus I meningkat dibandingkan dengan sebelum perbaikan yakni dari rata-rata 49,12 menjadi 68,75 sedangkan pada siklus II meningkat dari 68,75 menjadi 80,83 dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 12,08.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:54
Last Modified: 05 Apr 2016 07:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24696

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo