UMM Institutional Repository

KEPUASAN KOMUNIKASI INTERNAL PERUSAHAAN (Study pada CV Sumber Setia Probolinggo)

VIDAYANA, DINDRI LIVEN (2014) KEPUASAN KOMUNIKASI INTERNAL PERUSAHAAN (Study pada CV Sumber Setia Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dindrilive-35070-1-pendahul-n.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dindrilive-35070-2-babi.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Komunikasi internal adalah komunikasi antara pimpinan dengan bawahan yang berada didalam organisasi, yakni para pegawai secara timbale balik. Didalam sebuah perusahaan komunikasi sangatlah penting hubungannya dengan pekerjaan hal ini ditunjukkan banyaknya waktu yang digunakan untuk berkomunikasi dalam pekerjaan. Salah satu fungsi komunikasi organisasi adalah membatasi aliran komunikasi, yang dengan demikian akan mengurangi permasalahan yang diakibatkan kelebihan informasi. Secara tidak langsung komunikasi internal sangat mempengaruhi kepuasan komunikasi karyawan karena karyawan didalam perusahaan ingin merasa puas dengan informasi yang sudah diperoleh. Kepuasan dalam pengertian ini menunjukkan kepada bagaimana baiknya informasi yang tersedia memenuhi persyaratan anggota organisasi akan tuntutan bagi informasi, dari siapa datangnya, cara disebarluaskann, bagaimana diterima, diproses dan respon irang yang menerima. Dalam penelitian jenis penelitian yang digunakan adalah survei, dan penelitian menggunakan metode deskriptif kuatitatif yaitu dengan cara menggambarkan objek penelitian pada saat keadaan sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada, kemudian dianalisis dan diinterpretasikan, bentuknya berupa survei dan studi perkembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik pengukuran data menggunakan skala interval, dan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Dalam perusahaan CV Sumber Setia Probolinggo, bahwa para karyawan atau bawahan kurang puas dengan komunikasi. Hal ini dapat dilihat dari jawaban para responden atau karyawan bahwa banyak yang menjawab setuju, informasi dan media komunikasi diperusahaan CV Sumber Setia Probolinggo sangatlah kurang. Pimpinan jarang member informasi kepada karyawan atau bawahan yang diperlukan atau diinginkan oleh para karyawan, begitu pula media untuk menyampaikan informasi sangatlah minim. Didalam perusahaan media komunikasinya hanyalah papan pengumuman, sedangkan agar karyawan merasa puas sebaiknya media komunikasinya diperbanyak sperti bulletin, memo dan lain-lain. Apabila komunikasi internal ditingkatkan maka akan dapat meningkatkan kepuasan komunikasi karyawan. Sehingga karyawan akan merasa nyaman, aman, dan senang dalam bekerja dan karyawan akan merasa puas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:51
Last Modified: 05 Apr 2016 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo