UMM Institutional Repository

UPAYA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS AWAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

ARDIANSYAH, AKBAR (2014) UPAYA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS AWAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akbarardia-34800-2-babi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akbarardia-34800-1-pendahul-n.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Ardiansyah, Akbar (2013). Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Awal dalam Proses Belajar Mengajar di SD Muhammadiyah 08 Dau. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013. Pembimbing (I) Dr. Endang Poerwanti, M. Pd. (II) Bustanol Arifin, M.Pd Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Proses Belajar Mengajar Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru kelas awal dalam proses belajar mengajar di SD Muhammadiyah 08 Dau, (2) mendeskripsikan kendala dalam penerapan kompetensi pedagogik guru kelas awal dalam proses belajar mengajar di SD Muhammadiyah 08 Dau, (3) mengetahui upaya yang telah dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas awal dalam proses belajar mengajar di SD Muhammadiyah 08 Dau. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan termasuk kedalam jenis penelitian dekriptif yang menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lapangan tanpa memberikan perlakuan apapun. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 08 Dau. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru kelas awal di SD Muhammadiyah 08 Dau sudah cukup baik, (2) hambatan-hambatan yang ditemui adalah kesulitan guru dalam pengembangan RPP tematik dan penerapan kurikulum 2013, (3) upaya yang telah dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogic guru kelas awal adalah mengirimkan guru untuk mengikuti seminar, workshop, KKG, PGRI dan rapat yang merupakan termasuk kedalam teknik supervise kelompok, dan kunjungan kelas serta memberikan kesempatan kepada guru untuk sekolah termasuk kedalam teknik supervisi individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:41
Last Modified: 05 Apr 2016 07:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24684

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo