UMM Institutional Repository

PENCITRAAN ARIF CAHYADI DALAM FILM (Analisis Semiotik dalam Film Republik Twitter Karya Kunt Agus)

Rianto, Adam Bagus (2014) PENCITRAAN ARIF CAHYADI DALAM FILM (Analisis Semiotik dalam Film Republik Twitter Karya Kunt Agus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adambagusr-35086-1-pendahul-n.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adambagusr-35086-2-babi.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu teknologi berkembang dengan begitu pesat dan menimbulkan bermunculan begitu banyak media baru yang memberikan dampak pada pola kehidupan sosial masyarakat. Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Twitter no. 5 terbesar di dunia. Dengan begitu banyaknya jenis dan pengguna di setiap sosial media yang kini berkembang membuat banyak dampak dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bidang yang cukup banyak bergantung pada teknologi komunikasi adalah bidang politik, karena didalam bidang politik ini peran komunikasi politik sangatlah penting. Salah satu bentuk kegiatan politik yang diketahui masyarakat adalah pencitraan. Istilah pencitraan yang diadopsi dari Istilah marketing ini dalam dunia perpolitikan seringkali lebih berkonotasi negatif. Pencitraan yang dimaksud adalah usaha merekayasa citra baik atas diri seseorang dan menghilangkan atau menutup kesan buruk orang tersebut. Melalui perjelasan diatas disini peneliti berusaha menjawab sebuah permasalahan tentang “Bagaimanakah Makna Pencitraan Arif Cahyadi dalam Film Republik Twitter?”. Menurut peneliti film ini menarik karena tema yang diangkat sangat sesuai yakni media sosial yang sedang sangat booming di Indonesia dan tentang bagaimana media sosial dimanfaatkan untuk media pencitraan yang erat kaitannya dengan nuansa politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Semiotika merupakan suatu ilmu atau metode analisis yang mengkaji tanda. Pada dasarnya teori semiotika mempelajari bagaimana memaknai suatu hal atau objek-objek. Pendekatan tanda dalam penelitian ini didasarkan pada pandangan filsuf dan pemikir Amerika dengan teori segitiga maknanya yaitu Charles Sandhers Pierce. Yang dikupas oleh teori segitiga makna adalah persoalan bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda itu digunakan oleh orang pada waktu berkomunikasi. Analisis ini akan membaca semua tanda pencitraan seseorang yang bernama Arif Cahyadi dari awal sampai akhir film dengan beberapa cara. Setelah menonton film Republik Twitter kemudian kita mengumpulkan tanda-tanda dan proses pencitraan diri seorang yang bernama Arif Cahyadi dalam film sehingga kita tahu apa yang akan kita analisis. Setelah itu kita mulai mengambil adegan yang akan diteliti berupa gambar dan mencocokkan tanda yang ada dalam gambar tersebut dengan teori yang pas untuk membongkar dan mendapatkan maknanya. Setelah dilakukan penelitian menggunakan metode semiotika ternyata didapat hasil bahwa pencitraan Arif Cahyadi dalam film republik twitter dilakukan oleh beberapa orang yang dengan sengaja mengupdate twitter yang menandai Arif Cahyadi. Didapat pula hasil bahwa Arif Cahyadi sengaja dicitrakan sebagi pengusaha yang sukses,sebagai seorang yang memiliki sifat arif, bijaksana, peduli kepada anak yatim yang ditunjukan dengan cara menangis, Arif Cahyadi juga digambarkan sebagai pemimpin yang hebat yang bisa membuat Jakarta hebat juga. Bahkan pencitraan Arif Cahyadi semakin sukses ketika arif Cahyadi dicitrakan layak untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta danhalitu diwujudkan dengan menjadikannya nama Arif Cahyadi sebagai trending topic di twitter. walaupun itu hanya lewat twiiter. Munculnya media baru dalam hal ini twitter yang dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan bahkan untuk media pencitraan hal itu sangatlah lumrah. Karena pada jaman sekarang hampir semua orang disetiap elemen masyarakat menggunakan twitter sebagai alat komunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam film republik twitter upaya untuk menaikkan popularitas arif cahyadi telah dirasa berhasil dengan menjadikan nama Arif Cahyadi sebagai trending topic ditwitter sebagai bentuk dari sebuah eksistensi didunia modern ini. Menjadikannya nama Arif Cahyadi sebagai trending topic ditwitter merupakan upaya yang nyata untuk mempengaruhi opini masyarakat (pengguna twitter) tentang seseorang didunia twitter. Pembentukan citra diri bisa dilakukan dimana saja sesuai keinginan dan melalui media apa saja dan disini dalam hal diatas telah dijelaskan bahwa pembentukan citra diri seorang Arif Cahyadi telah dilakukan dengan cara mengupdate twitter yang menandai Arif Cahyadi dan berisi semua kebaikan-kebaikan orang tersebut. Semakin banyak tweet akan semakin baik karena secara langsung atau tidak langsung masyarakat (para pengguna twitter) akan terpengaruh dan ikut-ikut membicarakannya baik dalam dunia twitter dan di dunia nyata sekalipun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:35
Last Modified: 05 Apr 2016 07:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24683

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo