UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERPIMPIN (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII-C SMP ISLAM HASANUDDIN KESAMBEN BLITAR

RIWAYATI, IDA (2014) PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERPIMPIN (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII-C SMP ISLAM HASANUDDIN KESAMBEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idariwayat-35756-1-pendahul-n.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idariwayat-35756-2-babi.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Berdasarkanobservasiawaldanwawancaradengan guru dansiswadi SMP Islam HasanuddinKesambenBlitardapatdiidentifikasimasalah yaitupembelajaranBiologidalampembelajarannyamasih menggunakanmetodeceramahdandiskusikelompoksecarasederhana, sehinggakemampuanberpikirilmiahmasihrendahdanhasilbelajar yang kurangmemenuhistandart KKM. Penilaianpembelajaranpadahasilulangansaja, sehinggahanyamengukuraspektertentu, belummampumengukurkemampuanberpikirilmiah. PenelitianTindakanKelas (PTK) inibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpendekataninkuiriterpimpindalammeningkatkankemampuanberpikirilmiahdanuntukmengetahuipeningkatankemampuanberpikirilmiahdanhasilbelajarbiologisiswakelas VII-C SMP Islam HasanuddinKesambenBlitar. Penelitianinidilakukan di SMP SMP Islam HasanuddinKesambenPelaksanaanpembelajarandilakukanpada 3 April sampai 16 April 2014. Subjekpenelitiannyaadalahsiswakelas VIII-C.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatifsertajenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Metodepengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasi, catatanlapangdantesformatif. Hasilpenelitianmenunjukkan a)Pelaksanaanpenerapanpendekataninkuiriterpimpindalampembelajaransesuaidengansintakspendekataninkuiriterpimpindansetiappertemuanmengalamiperbaikanataupeningkatankualitaspembelajarannya, b) Penerapan pendekatan inkuiri terpimpin dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan dari siklus 2 ke siklus 3. Peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4,25%, sedangkan peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 6,43%, dimana jumlah peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa antara siklus I hingga siklus 3 sebesar 10,68%, c) Penerapan pendekatan inkuiri terpimpin dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,79%, sedangkan antara siklus 2 dan siklus 3 memiliki peningkatan sebesar 6,75%, total peningkatan hasil belajar dari siklus 1 hingga siklus 3 sebesar 9,81%. Kata Kunci: PendekatanInkuiriTerpimpin, Kemampuan Berpikir Ilmiah, Hasil BelajarBiologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:31
Last Modified: 05 Apr 2016 04:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo