UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MALANG

GUSTIANAH, . (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustianah0-36038-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustianah0-36038-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Malang dapat diidentifikasi masalah yaitu pembelajaran Biologi di SMP Muhammadiyah 1 malang tersebut cenderung didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran hanya berjalan satu arah saja. Hal seperti itu, menyebabkan siswa tidak termotivasi untuk belajar Biologi, banyak siswa yang ramai pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga konsentrasi siswa tidak fokus, tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran rendah, siswa jarang mengajukan pertanyaan, sehingga siswa sulit memahami materi yang mereka pelajari. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk : a) Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions ) untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 malang. b) Mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar bilogi siswa kelas VIII A SMP Muhammadyah 01 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions ). Hasil penelitian menunjukkan a) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions ) dapat meningkatkan aktvitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 01 malang. b) pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Muhammadyah 01 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions ), Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai taraf keberhasilan yang baik atau taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 69,33% pada siklus I menjadi 85,33% pada siklus II dengan selisih 16 % dan Rata-rata persentase total skor hasil belajar siswa kelas VIII A pada Siklus I persentase hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 72,72% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 83,33%, Dari hasil ini telah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Malang. KKM yang digunakan adalah 75. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, STAD, Aktivitas Dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:26
Last Modified: 05 Apr 2016 04:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24676

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo