UMM Institutional Repository

STUDI HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK PADA FAMILIA ZINGIBERACEAE DENGAN METODE TAKSIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

INÂ’AM, NUR (2014) STUDI HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK PADA FAMILIA ZINGIBERACEAE DENGAN METODE TAKSIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia memiliki banyak jenis tanaman, khususnya tanaman obat khusunya familia Zingiberaceae. Familia Zingiberaceae memiliki 50 genus dan 1300 spesies dengan sistem klasifikasi dapat mempermudah untuk mengetahui perbedaan dan kesamaan ciri yang dimiliki. Sistem pengklasifikasian pada penelitian ini disebut dengan sistem klasifikasi alfa (α) sistem alfa ini merupakan bagian yang penting dari taksonomi modren klasifikasi alfa ini dilihat dari ciri morfologinya. Cara untuk melihat seberapa besar hubungan kekerabatan yang dimiliki tanaman familia Zingiberaceae yaitu dengan menggunakan Taksimetri. Taksimetri ini sangat penting untuk siswa SMA kelas X, karena kegiatan utama dalam Taksimetri ini bersifat empirik operasional, data dan kesimpulannya selalu dapat di uji kembali melalui pengamatan, pengukuran dan analisis. Taksimetri ini merupakan bagian dari sistem klasifikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif observasional, dilakukan 5-19 Februari 2014, tempat penelitian di UPT. Materia Medica Batu. Pengambilan data dengan jelajah sampel yang ditemukan berjumlah 12 spesies. Hasil penelitian dari perhitungan koefisien asosiasi menghasilkan 11 pasangan OTU, membentuk 2 kelompok dari hasil perhitungan analisis cluster. Pasangan yang memiliki hubungan terdekat yaitu Curcuma domestica Val. dan Curcuma heyneana Val. memiliki indek kesamaan 0,870% sedangkan yang memiliki hubungan kekerabatan jauh yaitu pada Alpinia javanica BI. dan Kaempferia pandurata Roxb. memiliki indeks kesamaan yaitu 0,348%. Jumlah ciri morfologi yang diketemukan 64 pada sampel di UPT. Materia Medica Batu, berdasarkan hasil analisis perhitungan uji Chi-square 9 ciri yang signifikan atau dominan P ≤ 0,05. Hasil dari penelitian ini agar dapat diterapkan sebagai sumber belajar biologi pada kelas X SMA dengan materi yang berjudul “Sistem Klasifikasi Tumbuhan” digunakan RPP untuk penerapannya, Buku saku untuk dapat menunjang penerapan hasil penelitian sebagai sumber belajar Biologi melalui seleksi kurikulum dan seleksi sumber belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:51
Last Modified: 05 Apr 2016 03:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24672

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo