UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI PHYLUM ECHINODERMATA DI PANTAI PACITAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA

Andri, yanto (2014) IDENTIFIKASI PHYLUM ECHINODERMATA DI PANTAI PACITAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Phylum Echinodermata adalah sumber daya perairan pesisir pantai yang beberapa jenisnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Echinodermata berasal dari Bahasa Yunani Echinus berarti landak dan derma berarti kulit. Semua jenis Echinodermata hidup di laut, mulai dari daerah litoral sampai kedalaman 6.000 meter. Yang termasuk dalam Filum Echinodermata antara lain Bintang Laut (Asteroidea), Bulu Babi (Echinoidea), Teripang (Holothuroidea), Lili Laut (Crinoidea) dan Bintang Ular (Ophiuroidea). akan tetapi tidak banyak informasi terkait kondisi phylum Echinodermata di Kabupaten Pacitan, khususnya di pantai Pidakan dan pantai Sidomulyo merupakan daerah yang berpotensi kaya akan keanekaragaman Phylum Echinodermata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis spesies dari phylum Echinodermata yang ada di pantai pacitan dan untuk mengetahui pemanfaatan hasil penelitian data tersebut dijadikan sumber belajar Biologi SMA. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 s/d 31 Desember 2013. Pada saat air surut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode transek, teknik analisis data menggunakan kunci identifikasi hewan invertebrate laut Hasil penelitian menunjukkan bahwa phylum Echinodermata yang ditemukan ada 10 jenis dari phylum Echinodermata di pantai pacitan khususnya di pantai pidakan dan pantai sidomulyo yang termasuk dalam 4 kelas dari 5 kelas yang ada. Jenis-jenis tersebut adalah dari kelas Asteriodea adalah Asterina possibly Lorial. Dari kelas Ophiuroidea adalah Ophiomastix annulosa Lamarck, Ophiocoma echinata Lamarck, Macrophiothrix longipeda Lamarck. dari kelas Crinoidea tidak ditemukan jenis spesies dari phylum Ecinodermata, dari kelas Echinoidea adalah Heterocentrotus Trigonarius Lamarck, Centrostephanus tenuispinus H.L. Clark, Echinometra mathei Blainville, Diadema setosum Leske. Dari kelas Holothuroidea adalah Synapta maculate Chamisso and Eysenhardt, Holothuria atra Jaeger. Pemanfaatan dari hasil penelitian kemudian dijadikan sumber belajar Biologi SMA, berupa buklet buku yang dapat menunjang proses belajar mengajar serta menjadikan siswa aktif dalam kelas serta menemukan sendiri dan menyimpulkan sendiri bahan pengajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:58
Last Modified: 05 Apr 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo