UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG

Mudzakkir, Ahmad Imam (2014) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadimamm-34914-1-pendahul-n.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadimamm-34914-2-babi.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Mudzakkir, Ahmad Imam. Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 5 Malang. Skripsi, Malang. Progaram Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2014, Pembimbing: (I) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si. M.Pd. (II) Drs. Budiono, M.Si. Kata Kunci: Media Komik dan Hasil Belajar Penelitian ini di awali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas V SD Muhammadiyah 5 Malang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Kesulitan yang dimaksud adalah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial cenderung berorientasi pada guru serta belum digunakannya media dalam pembelajaran. Siswa sebagai objek dalam pembelajaran di dalam kelas hanya duduk, diam, mendengarkan penjelasan guru dan mengobrol dengan temannya. Hal ini berdampak pada kurang antusias siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar yang dicapai siswa menunjukkan bahwa ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan, dari Arikunto dengan melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas V SD Muhammadiyah 5 Malang. Instrumen yang digunakan meliputi observasi guru, observasi siswa, catatan lapang, dokumentasi dan soal evaluasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi kergaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan media komik mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan presentase ketuntasan klasikal pada siklus I dan II. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 58,82% meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah 5 Malang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:47
Last Modified: 05 Apr 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24660

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo