UMM Institutional Repository

STUDI HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK PADA FAMILIA SOLANACEAE DENGAN TAKSIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISTEM KLASIFIKASI

LAILA, MARTHA NOOR (2014) STUDI HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK PADA FAMILIA SOLANACEAE DENGAN TAKSIMETRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISTEM KLASIFIKASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marthanoor-36197-1-pendahul-n.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marthanoor-36197-2-babi.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Familia Solanaceae merupakan familia dari tumbuhan angiosperma yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Anggota familia Solanaceae memiliki bentuk morfologi yang beragam. Dilihat dengan sekilas anggota familia Solanacea terlihat berbeda, misalnya saja Solanum tuberosum L. (kentang) dengan Lycopersicon lycopersicum L. (tomat) sehingga masyarakat yang kurang mengerti tentang tumbuhan sering beranggapan bahwa tanaman tersebut tidak memiliki hubungan kekerabatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekerabatan fenetik, ciri morfologi yang spesifik pada familia Solanaceae dengan menggunakan metode taksimetri, dan untuk mengetahui penerapan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi pada materi sistem klasifikasi di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif observasional. Penelitian ini dilakukan di Dusun Junggo pada tanggal 11-23 Februari 2014. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi atau pengamatan langsung dengan metode jelajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedelapan spesies anggota familia Solanaceae yang ditemukan di Dusun Junggo membentuk dua kelompok yang memiliki hubungan kekerabatan paling jauh yaitu kelompok I dan kelompok II dengan indeks kesamaan 0,438%. Kelompok I terdiri dari Solanum tuberosum L., Solanum melongena L., Solanum muricatum Aiton, dan Lycopersicon lycopersicum L. sedangkan kelompok II terdiri dari Capsicum frutescens L., Capsicum annum L., Brugmansia suaveolens (Humb. & Bonpl. ex Willd.), dan Cyphomandra betacea (Cav.). Spesies anggota familia Solanaceae yang memiliki hubungan kekerabatan terdekat yaitu Capsicum frutescens L. dan Capsicum annum L. dengan indeks kesamaan 0,938%. Berdasarkan 55 ciri atau sifat yang teramati ada 5 ciri yaitu permukaan tangkai daun, ujung daun, arah tumbuh batang, bentuk kelopak, dan duduk kepala sari yang merupakan sifat spesifik dalam mendukung klasifikasi spesies anggota familia Solanaceae yang ditemukan di Dusun Junggo. Penerapan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi pada materi sistem klasifikasi di SMA yaitu dengan menggunakan produk penelitian berupa handout tentang klasifikasi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:42
Last Modified: 05 Apr 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24652

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo