UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR BATANG TUMBUHAN DENGANFUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANDARASRI II MOJOKERTO

BENES, DESY AGITA (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR BATANG TUMBUHAN DENGANFUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BANDARASRI II MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyagitab-34984-1-pendahul-n.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyagitab-34984-2-babi.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan guru kelas IV pada tanggal 15 Juli 2013 di SDN Bandarasri II Mojokerto menunjukkan bahwa guru selalu menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa sulit memahami materi yang telah disampaikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Bandarasri II Mojokerto tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar tes. Penerapan metode demonstrasi disesuaikan dengan sintaks yang meliputi Fase ke-1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa), Fase ke-2 (Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan), Fase ke-3 (Membimbing pelatihan), Fase ke-4 (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik) dan Fase ke-5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa antara siklus I dengan siklus II. Secara klasikal, hasil persentase aktivitas siswa pada pelaksanaan siklus yaitu dengan kategori ‘sangat baik’ sebanyak 6 (18,2%) siswa meningkat menjadi 17 (58,62%) siswa, dengan kategori ‘baik’ sebanyak 9 (27,3%) siswa meningkat menjadi 10 (34,48%) siswa, dengan kategori ‘cukupÂ’ sebanyak 15 (45,5%) siswa menurun menjadi 1 (3,45%) siswa, dengan kategori ‘kurangÂ’ sebanyak 3 (9%) siswa menurun menjadi 1 (3,45%) siswa dan tidak ada siswa dengan kategori ‘sangat kurangÂ’. Pada hasil belajar juga menunjukkan adanya peningkatan antara siklus I dengan siklus II. Pada siklus I, terdapat 11 siswa dengan persentase 33% yang mendapatkan nilai ≥77 dan 22 siswa dengan persentase 67% yang mendapatkan nilai ˂77. Terjadi peningkatan setelah pelaksanaan siklus II yaitu terdapat 24 siswa dengan persentase 83% yang mendapatkan nilai ≥77 dan 5 siswa dengan persentase 17% yang mendapatkan nilai ˂77. Sehingga dapat dikatakan bahwa persentase pada siklus II melebihi kriteria ketuntasan klasikal yang sudah ditentukan yaitu ≥75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:29
Last Modified: 05 Apr 2016 02:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo