UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII-D SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI)

SAPUTRI, NUR SYAHARA (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII-D SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nursyahara-36198-1-pendahul-n.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nursyahara-36198-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup pembelajaran IPA dikemas menjadi satu kesatuan bidang kajian yang utuh menjadi IPA terpadu. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 06 Dau pembelajaran IPA masih dilakukan secara terpisah, diajarkan oleh guru pada masing-masing bidang kajian IPA. Kurangnya pemahaman siswa akan materi pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, terbukti dari hasil observasi nilai yang dimiliki siswa rata-ratanya 62 masih dibawah KKM yang ditentukan sebesar 75. Mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini: (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 06 Dau. (2) Menganalisis peningkatan keterampilan proses melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigtion (GI). (3) Menganalisis peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigtion (GI). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, persentase peningkatan rata-rata nilai keteram¬pilan proses siklus I menunjukkan nilai sebesar 70,62% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II sebesar 88,71% masuk dalam kategori baik sekali, terdapat peningkatan dengan selisih diantara siklus I dan siklus II sebesar 18,09 %. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 57,12%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan prosentase sebesar 89,28 % sehingga siswa kelas VIII-D SMP muhammadiyah 06 Dau, dikatakan tuntas belajar secara klasikal. Sehingga dapat disimpulakan penerapan pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:34
Last Modified: 05 Apr 2016 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24647

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo