UMM Institutional Repository

HUBUNGAN MOTIVASI BERTANYA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS II SMA NEGERI I BIMA

Haryati, Astuti (2005) HUBUNGAN MOTIVASI BERTANYA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS II SMA NEGERI I BIMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-astutihary-2162-PENDAHUL-N.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran motivasi sangatlah penting, karena motivasi merupakan daya penggerak yang ada dalam diri siswa yang dapat menimbulkan aktivitas dalam belajar yang menjamin kelangsungan belajar dan memberi arah untuk mencapai tujuan atau prestasi belajar yang baik. Tampa adanya aktivitas dari siswa, maka belajar itu tidak akan berlangsung dengan baik. Salah satu aktivitas siswa yang perlu dikembangkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar adalah adanya motivasi dari siswa untuk ikut aktif didalamnya, terutama mengajukan pertanyaan (bertanya) kepada guru ataupun kepada temannya. Kemampuan bertanya dan motivasi siswa dalam belajar sangatlah penting karena merupakan salah satu kemampuan yang mempunyai konstribusi positif terhadap penguasaan materi dalam pembelajaran. Apabila dalam pembelajaran kemampuan bertanya siswa senantiasa diperankan, maka motivasi belajar siswa dapat dikatakan tumbuh dan berkembang dengan baik dan dengan adanya motivasi ini akan menentukan intensitas usaha belajar bagi siswa. Dengan kata lain adanya motivasi dalam belajar siswa akan melahirkan prestasi belajar yang baik atau sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi bertanya dengan prestasi belajar biologi siswa kelas II SMA Negeri I Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMA Negeri I Bima dan sampelnya 84 orang siswa. Tehnik pengambilan sampel yaitu simple random sampling atau dengan cara acak. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 2 sampai 17 April 2004 di SMA Negeri I Bima. Hasil penelitian ini diuji menggunakan analisis uji korelasi product moment dengan program SPSS. Hasil analisis dengan uji korelasi diperoleh bahwa nilai r hitung < r tabel yaitu 0,073 < 0,214 dengan hipotesis Ho diterima berarti hubungan antara motivasi bertanya dengan prestasi belajar biologi siswa kelas II SMA Negeri I Bima sangat rendah dengan taraf signifikan 5 %. Motivasi, Prestasi belajar, Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:31
Last Modified: 05 Apr 2016 02:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24646

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo