UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN PERMAINAN KWINTET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN TUNGGULWULUNG 02 MALANG

ATMOKO, DWI (2014) PENGGUNAAN PERMAINAN KWINTET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN TUNGGULWULUNG 02 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiatmoko0-34985-1-pendahul-n.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiatmoko0-34985-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas III SDN Tunggulwulung 02 Malang, ditemukan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi membaca. Hal ini disebabkan, karena selama proses pembelajaran siswa masih kurang berminat untuk membaca. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan Permainan Kwintet untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dongeng pada Siswa Kelas III SDN Tunggulwulung 02 Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan permainan Kwartet dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang membaca dongeng pada siswa kelas III SDN Tunggulwulung 02 Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan penggunaan permainan kwartet dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang membaca dongeng pada siswa kelas III SDN Tunggulwulung 02 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan, dari Kemmis dan MC. Taggart melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas III SDN Tunggulwulung 02 Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, observasi guru, observasi siswa, dokumentasi, dan soal evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil belajar siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu: 70 mencapai 15 siswa atau 50% dan siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 sebesar 15 siswa atau 50%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan terdapat 25 siswa atau 83,3% yang tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan dan 5 siswa atau 16,7% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan. Pada ketuntasan klasikal siklus I, siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 50%, sedangkan pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 83,3%. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman, dari 50% (sedang) menjadi 83,33% (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:26
Last Modified: 05 Apr 2016 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo