UMM Institutional Repository

PENGARUH TINGKAT SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN ASAM JAWA (Tamarindus indica, Linn.)

WARDANY, MURNI NOVIDA (2005) PENGARUH TINGKAT SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN ASAM JAWA (Tamarindus indica, Linn.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-murninovid-4119-Pendahul-n.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya kerusakan pantai sekarang ini, mengakibatkan garis pantai juga semakin berkurang beberapa meter dalam beberapa tahun belakangan ini. Akibatnya, pada saat air pasang, air laut merambah ke sungai terdekat sehingga airnya berubah asin (intrusi). Kadar garam (salinitas) yang tinggi dapat menyebabkan mereduksinya potensial air dalam akar. Sehingga tanaman akan mengalami kekurangan air dan akhirnya menghambat pertumbuhan tanaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat salinitas yang berbeda terhadap respon pertumbuhan vegetatif tanaman asam jawa dan mengetahui berapa kadar garam (salinitas) yang berpengaruh agar tanaman asam jawa dapat tumbuh dan hidup. Hipotesis dari penelitian ini yaitu tingkat salinitas yang berbeda berpengaruh terhadap respon pertumbuhan vegetatif tanaman asam jawa. Jenis penelitian adalah eksperimen nyata, yang dilakukan di Desa Bedali, Lawang, Kabupaten Malang pada tanggal 07 November sampai dengan 07 Desember 2004. Dengan populasi, tanaman asam jawa pada pertumbuhan vegetatif yang berumur sekitar 5 - 6 bulan dan sampel yang diambil sebanyak 45 tanaman asam jawa dengan teknik simple random sampling sebanyak 72 tanaman asam jawa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian adalah pemberian NaCl dengan kadar NaCl 2,5‰; 5‰; 7,5‰; 10‰; 12,5‰; 15‰; 17,5‰; 20‰ dan kontrol sebagai pembanding. Sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah pertumbuhan tanaman asam jawa pada fase vegetatif yang meliputi tinggi tanaman dan jumlah daun. Untuk variabel kontrol yang digunakan adalah umur tanaman asam jawa dan kadar garam yang terkandung di dalam campuran media (tanah, pasir dan kompos). Metode percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Untuk masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali ulangan. Menggunakan uji analisis ragam dilanjutkan dengan uji Duncan’s untuk masing-masing parameter yaitu tinggi tanaman dan jumlah daun. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa pertumbuhan tanaman bertoleransi pada perlakuan kontrol, NaCl 2,5‰; 5‰; 7,5‰; 10‰; 12,5‰; 15‰ .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:22
Last Modified: 05 Apr 2016 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24642

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo