UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN DAN ORGAN TUMBUHAN

WARIH, NESTI AGNI (2014) PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI BERBASIS MIND MAPPING UNTUK KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN DAN ORGAN TUMBUHAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nestiagniw-36201-1-pendahul-n.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nestiagniw-36201-2-babi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran selama ini cendrung hanya mengoptimalkan fungsi otak kiri. Agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal, kegiatan belajar harus mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Mind map merupakan teknik mencatat yang mengoptimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan karena mind map menirukan cara kerja otak menyimpan informasi. Dengan menggunakan bahan ajar berbasis mind map diharapkan dapat membantu mengoptimalkan kerja kedua belah otak sehingga siswa lebih cepat memahami pelajarannya. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian yang bermaksud menemukan sumber belajar dan model pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik. Model Pembelajaran yang dimaksud yakni Mind Mapping. Mind Mapping dipadukan dalam Handout Biologi dengan pokok bahasan Struktur dan Fungsi Jaringan dan Organ Tumbuhan. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan produk yakni Handout Biologi berbasis Mind Mapping dan uji coba produk pada SMP Muhammadiyah 1 Malang untuk melihat efektivitasnya. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian Research and development ini menunjukkan bahwa pengembangan Handout Biologi berbasis Mind Mapping membutuhkan berbagai tahapan mulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, , revisi dan uji coba produk. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Handout Biologi berbasis Mind Mapping Layak untuk digunakan ssebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:08
Last Modified: 05 Apr 2016 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24633

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo