UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DENGAN TEMA LINGKUNGAN DAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

DEWI, AULIA TIARA (2014) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DENGAN TEMA LINGKUNGAN DAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 08 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-auliatiara-35117-1-pendahul-n.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-auliatiara-35117-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan yang dialami siswa SD Muhammadiyah 08 Dau pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan Matematika materi menulis dengan menggunakan huruf kapital dan menulis arah jarum jam. Kesulitan yang dimaksudkan adalah penggunaan huruf kapital dalam menulis.Hal ini dapat dimengerti karena pembelajaran menulis huruf kapital cenderung berorientasi pada guru serta belum digunakannya media dalam pembelajaran.Siswa sebagai objek di dalam kelas yang hanya duduk, diam, dan mendengarkan penjelasan guru.Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan penerapan media Big Book,(2) mendeskripsikanpeningkatan hasil belajar menulis setelah menggunakan media Big Book pada siswa kelas II SDMuhammadiyah 08 Dau. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 November 2013 sampai dengan 26november 2013 di SD Muhammadiyah 08 Dau. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis pembahasan penelitian, dapat disimpulkan 1) penggunaan media Big Book dengan tema lingkungan dan metode Talking Stick pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 08 Dau dapat membuat anak menjadi antusias, semangat, dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. 2)Hasil belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 08 Dau materi menulis setelah menggunakan media Big Book dengan tema lingkungan dan metode Talking Stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I jika dibandingkan dengan siklus II.Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 68% meningkat menjadi 96% pada siklus II.Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan media gantungan bilangan dapat meningkatkan hasil belajar materi menulispada siswa kelas II SDMuhammadiyah 08 Dau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:02
Last Modified: 05 Apr 2016 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24630

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo