UMM Institutional Repository

STUDI PERAWATAN TUBUH BERBASIS TUMBUHAN DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

SUSANTI, LILIS (2005) STUDI PERAWATAN TUBUH BERBASIS TUMBUHAN DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-lilissusan-4123-Pendahul-l.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui perawatan tubuh dan tradisi yang menyertai di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, yaitu berupa jenis tumbuhan, cara meramu, manfaat ramuan, cara menggunakan, pemakaian bahan non tumbuhan, jenis perawatan, pelaku perawatan, konsepsi budaya, dan dukungan kelembagaan. Jenis penelitian adalah observasional yaitu bermaksud meengamati suatu fakta biologis, sosial, dan ritual dalam satu waktu tertentu untuk mencari informasi faktual yang mendetail sehingga dapat dianalisa keberadaanya. Populasi berupa para pelaku perawatan tubuh secara tradisional di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Sampel terdiri dari para pelaku perawatan tubuh secara tradisional di desa Kertosono, desa Manggis dan desa Wonocoyo. Sampel diambil secara Accidental Sampling. Metode pengumpulan data adalah: 1) Observasi untuk mengumpulkan data tentang jenis tumbuhan yang digunakan dan cara meramu, 3) Interview, untuk mengetahui manfaat terapetik, cara penggunaan beserta bahan non tumbuhan yang digunakan, cara meramu, jenis perawatan tubuh, pelaku perawatan, konsepsi budaya dan dukungan kelembagaan. Analisis data kuantitatif menggunakan prosentase. Berdasarkan hasil analisis data perawatan tubuh dilakukan disetiap jenjang kehidupan dan pada kondisi fisiologis tertentu, jenis perawatan yang paling bervariasi adalah pada organ reproduksi yaitu payudara dan alat kelamin, hal ini terkait dengan konsepsi budaya yang melatar belakangi, bagi suami istri merupakan sutu kewajiban untuk saling menyenangkan pasangan terkait dengan hubungan badan yang seharmonis mungkin, karena itu merupakan ibadah yang disyariatkan oleh Agama. Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa ramuan, tradisi dan dukungan kelembagaan sangat berperan dalam perawatan tubuh disegala jenjang kehidupan, untuk itu dukungan kelembagaan dan penelitian yang berkesinambungan sangat perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:02
Last Modified: 05 Apr 2016 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24629

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo