UMM Institutional Repository

KONSEP DAN PRINSIP METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUT DOOR LEARNING METHOD) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

DEWI, AYUNDHA ACHADIYA (2014) KONSEP DAN PRINSIP METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUT DOOR LEARNING METHOD) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayundhaach-35118-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayundhaach-35118-2-babi.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Metode Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Learning Method) merupakan upaya untuk mengajak peserta didik mengajak lebih dekat dan melihat langsung peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan mengakrabkan peserta didik dengan lingkungan dengan menggunakan sumber belajar yang sesungguhnya yaitu alam dan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan konsep dan prinsip metode pembelajaran luar kelas (out door learning method) pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, (2) mendeskripsikan Prinsip Metode Pembelajaran Luar Kelas (out door learning method) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, (3) mendeskripsikan Prosedur Metode Pembelajaran Luar Kelas (out door learning method) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, (4) Hasil Metode Pembelajaran Luar Kelas (out door learning method) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan kejadian lapang. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, yang beralamatkan di Jalan Margobasuki 48 Jetis, Kecamatan Mulyoagung Dau, Kota Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan content analysis, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep metode pembelajaran luar kelas (out door learning method) pada pembelajaran IPA kelas IV menggunakan konsep aktivitas luar kelas yang didalamnya peserta didik diajak lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya, (2) prinsip metode pembelajaran luar kelas (out door learning method) pada pembelajaran IPA kelas IV yang didalamnya pengetahuan dibangun sendiri oleh peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator, (3) prsedur metode pembelajaran luar kelas (out door learning method) pada pembelajaran IPA kelas IV yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, (4) hasil metode pembelajaran luar kelas (out door learning method) pada pembelajaran IPA kelas IV juga sebagai refleksi yang berarti sebuah kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar berupa tertulis maupun lisan bagi peserta didik dalam pembelajaran IPA sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:59
Last Modified: 05 Apr 2016 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo