UMM Institutional Repository

PENGARUH PERBEDAAN PENGOLAHAN TERHADAP KADAR LEMAK DAN PROTEIN PADA IKAN MUJAIR (Tilapia mosambica)

MAHSUNAH, UMI (2005) PENGARUH PERBEDAAN PENGOLAHAN TERHADAP KADAR LEMAK DAN PROTEIN PADA IKAN MUJAIR (Tilapia mosambica). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-umimahsuna-4126-Pendahul-n.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Pengolahan bertujuan untuk mempertahankan mutu dan kesegaran ikan selama mungkin dengan cara menghambat atau menghentikan sama sekali penyebab kemunduran mutu maupun penyebab kerusakan ikan yang lain. Pengolahan ikan dengan cara pemanasan dapat menyebabkan terjadinya perubahan kandungan gizi dan perubahan warna ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pengolahan pada ikan Mujair terhadap kandungan lemak dan protein 2) pengolahan manakah yang kandungan lemak dan proteinnya paling tinggi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen nyata dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan (dibiarkan segar, dioven dan dikeringkan) dengan 10 kali pengulangan. Populasi dari penelitian ini adalah ikan Mujair yang terdapat di tambak Ujung Pangkah Gresik. Sampel yang diambil sebanyak 30 ekor. 10 ekor untuk pengovenan dan 10 ekor untuk pengeringan. Teknik pengambilan sampel adalah secara Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu faktor. Dari hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh pengolahan pada ikan Mujair terhadap kandungan lemak dan protein, sedangkan pada pengolahan Pengovenan didapatkan kandungan lemak lebih rendah dari pada kandungan protein, dan pada pengolahan pengeringan kandungan lemak lebih tinggi dari pada proteinnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:53
Last Modified: 05 Apr 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo