UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING MATERI KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN TAMBAKAN 01 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR

SARI, IMANIAR FEBRI YUSPITA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING MATERI KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN TAMBAKAN 01 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imaniarfeb-35121-1-pendahul-n.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imaniarfeb-35121-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, siswa mengalami banyak permasalahan terhadap pembelajaran IPS. Permasalahan ini berawal dari : pelaksanaan pembelajaran bersifat konvensional dan guru hanya mengejar target dalam menyampaian materi, kurangnya model pembelajaran, kurangnya pemanfaatan sumber dan media pembelajaran sertasuasana belajar kurang menyenangkan. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yaitu model pembelajaran snowball throwing. Dengan pembelajaran tersebut siswa lebih mudah dalam memahami materi serta agar lebih tanggap terhadap siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing serta mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dalam penerapan model Snowball Throwing siswa kelas IV SDN Tambakan 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2013. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan berupa hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif diskriptif. Berdasarkan hasil evaluasi tiap-tiap siklus dengan penerapan model Snowball Throwing rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nlai siswa 64,48 dengan prosentase ketuntasan klasikal 55,2%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata nilai siswa 75,24 dengan prosentase ketuntasan klasikal 82,76%. Hal ini terjadi peningkatan sebesar 27,56% dan telah mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70% dari siswa yang mengikuti tes. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Tambakan 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:52
Last Modified: 05 Apr 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24620

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo