UMM Institutional Repository

KANDUNGAN KLOROFIL dan HASIL PANEN BEBERAPA GENOTIP KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus) PADA TINGKAT NAUNGAN BERBEDA

Lutfiani, Indah Nurul (2004) KANDUNGAN KLOROFIL dan HASIL PANEN BEBERAPA GENOTIP KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus) PADA TINGKAT NAUNGAN BERBEDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-indahnurul-629-PENDAHUL-N.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil tanaman pertanian dapat dicapai dengan cara memperbaiki cara budidaya, peningkatan usaha pengelolaan lepas panen dan usaha mendapatkan varietas unggul melalui pemuliaan tanaman. Pemuliaan tanaman bertujuan untuk menghasilkan varietas unggul yang memiliki sifat-sifat yang baik dan mampu berproduksi tinggi. Sifat atau karakter yang menunjang produktifitas tanaman antara lain dapat dilihat dari morfologi dan anatomi, serta proses-proses fisiologis yang berlangsung di dalam tanaman. Proses-proses fisiologis pada tanaman didukung juga dengan adanya klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis. Penambahan kandungan klorofil diharapkan agar daun dapat menyerap sinar matahari yang lebih banyak yang berguna dalam proses fotosintesis serta untuk menunjang produktifitas tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara tingkat naungan dengan genotip terhadap kandungan klorofil kacang hijau dan hasil panen beberapa genotip kacang hijau serta hubungan antara kandungan klorofil kacang hijau dengan hasil panen beberapa genotip kacang hijau. Penelitian ini dilaksanakan di KP. Balai penelitian tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian dari bulan April sampai juni 2004. penelitian ini menggunakan rancangan petak terbagi dengan intensitas naungan sebagai petak utama (0%, 15%, dan 50%) dan beberapa genotip kacang hijau sebagai anak petak (V1: (VC2768B), V2: Kenari, V3: Nuri, V4: lokal Wongsorejo, V5: MLG431) dengan 3 ulangan. Setiap unit perlakuan terdiri atas 12 tanaman. Hubungan antara kandungan klorofil dan hasil panen ditentukan dengan besarnya nilai koefisien korelasi. Parameter yang diamati adalah kandungan klorofil dan hasil panen yang meliputi: umur panen, jumlah kering polong isi pertanaman, berat kering polong isi pertanaman, berat kering biji pertanaman, dan berat kering 100 butir biji. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian berdasarkan split plot dan bila terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT taraf 5 %). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara naungan dan genotip kacang hijau pada kandungan klorofil dan hasil panen yang meliputi: umur panen, jumlah kering polong isi pertanaman, berat kering polong isi pertanaman, berat kering biji pertanaman, dan berat kering 100 butir biji. Kecuali umur panen dan berat 100 butir biji. Berat kering biji pertanaman berkorelasi nyata negatif dengan kandungan klorofil-b dan rasio klorofil-b/a umur 6 mst, tetapi berkorelasi positif dengan rasio klorofil-a/b umur 6 mst. Genotip VC2768B selain baik untuk ditanam pada kondisi tanpa naungan juga baik untuk kondisi ternaungi (naungan 50%). Sedangkan genotip Lokal Wongsorejo selain baik untuk kondisi tanpa naungan juga baik untuk kondisi ternaungi (naungan 25%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:51
Last Modified: 05 Apr 2016 01:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24619

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo