UMM Institutional Repository

LAJU PERTUMBUHAN BEBERAPA GENOTIPE KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus) PADA TINGKAT NAUNGAN YANG BERBEDA

Fahrudin, Imam (2004) LAJU PERTUMBUHAN BEBERAPA GENOTIPE KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus) PADA TINGKAT NAUNGAN YANG BERBEDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-imamfahrud-630-pendahul-n.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat naungan terhadap laju pertumbuhan kacang hijau (Phaseolus radiatus) dan untuk mengetahui apakah setiap genotipe menunjukkan laju pertumbuhan yang berbeda serta pada tingkat naungan dan genotipe kacang hijau (Phaseolus radiatus) mana yang menunjukkan laju pertumbuhan terbaik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental sungguhan (True Eksperimen Research) yaitu untuk menyelidiki kemungkinan saling berhubungan sebab-akibat dengan cara menggunakan satu atau lebih kondisi perlakuan. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Petak Terbagi (Split - Plot Design) dengan tiga kali ulangan, pada petak utama terdiri dari tiga tingkat naungan, yaitu N0 = Naungan 0 % (radiasi penuh 100%), N1 = Naungan 25% (radiasi penuh 75 %), N2 = Naungan 50 % (radiasi penuh 50 %). Anak petaknya terdiri dari lima genotipe kacang hijau, yaitu V1: Genotipe VC 2768B, V2: Genotipe Kenari, V3: Genotipe Nuri, V4: Genotipe lokal Wongsorejo, dan V5: Genotipe MLG 431. Parameter yang diamatai adalah: tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter batang, panjang akar, bobot kering (akar, batang, daun, total tanaman, polong dan biji), Laju pertumbuhan relatif dan laju asimilasi bersih. Berdasarkan hasil analisis varian diketahui bahwa terdapat pengaruh interaksi yang sangat nyata antara naungan dengan genotipe kacang hijau terhadap semua parameter yang diamati, kecuali pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, luas daun, jumlah helai daun, dan bobot kering batang umur 2 MST. adanya pengaruh interaksi yang sangat nyata antara naungan dengan genotipe ditunjukkan oleh nilai Fhitung interaksi > Ftabel interaksi. Adanya interaksi menunjukkan bahwa respon masing-masing genotipe kacang hijau yang diuji ada perbedaan pada setiap naungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tingkat naungan dapat mempengaruhi laju pertumbuhan beberapa genotipe kacang hijau (Phaseolus radiatus), dan setiap genotipe kacang hijau menunjukkan laju pertumbuhan yang berbeda-beda pada berbagai tingkat naungan. Laju pertumbuhan maksimum terjadi pada periode 4-6 MST. Laju pertumbuhan tertinggi dicapai genotipe V3 (Nuri) pada naungan N1 (naungan 25 %) dan genotipe V4 (Lokal Wongsorejo) pada naungan N2 (naungan 50 %). Hasil biji terbaik pada naungan N0 (naungan 0%) genotipe V1(VC 2768B).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:48
Last Modified: 05 Apr 2016 01:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24617

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo