UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TONGKAT WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT BILANGAN PADA SISWA KELAS II SDN PURWANTORO 2 MALANG

ASMARA, RISKA ARUM (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TONGKAT WARNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT BILANGAN PADA SISWA KELAS II SDN PURWANTORO 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riskaaruma-35142-1-pendahul-n.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riskaaruma-35142-2-babi.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari pengamatan yang dilakukan di SDN Purwantoro 2 Malang. Berdasarkan pengamatan tersebut masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika, sehingga pembelajaran menjadi abstrak dan tidak menarik bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media tongkat warna terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran matematika materi nilai tempat di SDN Purwantoro 2 Malang ? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media tongkat warna terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran matematika materi menentukan nilai tempat bilangan di SDN Purwantoro 2 Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan rancangan kelompok kontrol yang tak sama yang dilaksanakan pada siswa kelas II A sebagai kelompok eksperimen dan II B sebagai kelompok kontrol. Tahap pelaksanaan penelitian ini yang pertama yaitu pemberian pretest untuk kedua kelas pada hari yang berbeda. Selanjutnya adalah penyampaian materi, pada kelompok eksperimen materi disampaikan dengan menggunakan media tongkat warna, sedangkan pada kelompok control tidak menggunakan media tongkat warna. Setelah mendapatkan materi masing-masing kelas diberikan post test. Adapun teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum data di uji menggunakan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas menggunakan SPSS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:42
Last Modified: 05 Apr 2016 01:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo