UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR KELOMPOK COOPERATIVE LEARNING DENGAN KELOMPOK KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS 2 SMP 3 TEMPEH KAB.LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAARAN 2003/2004

Arifani, Esty Indah (2004) EFEKTIFITAS HASIL BELAJAR KELOMPOK COOPERATIVE LEARNING DENGAN KELOMPOK KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS 2 SMP 3 TEMPEH KAB.LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAARAN 2003/2004. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-estyindaha-633-pendahul-n.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran biologi saat ini lebih diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang mendorong siswa aktif belajar, baik secara fisik, sosial, maupun psikis dalam memahami konsep. Kenyataan menunjukkan bahwa hasil akhir belajar siswa kelas 2 SMP 3 Tempeh pada ulangan harian mata pelajaran biologi belum pernah mencapai rerata 6,00. Rerata ulangan harian biologi cawu III tahun pelajaran 2001/2002 adalah 5,64 dan semester genap tahun pelajaran 2002/2003 adalah 5,73. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan siswa, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran biologi ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa biologi merupakan pelajaran hafalan. Metode ceramah di SMP 3 Tempeh masih sangat dominan sehingga siswa pasif dan pembelajaran sangat abstrak dan teoritis Rumusan masalahnya adalah (1) adakah perbedaan efektifitas pembelajaran cooperative learning dengan pembelajaran konvensional?, (2) bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran cooperative learning dan pembelajaran konvensional?. Tujuan Penelitian ini (1) mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran antara metode cooperative learning dengan metode konvensional, (2) mengetahui respon siswa terhadap cara guru membuka materi pelajaran pada metode cooperative learning dan metode konvensional, (3) mengetahui respon siswa terhadap cara guru menjelaskan materi sistem pengeluaran pada metode cooperative learning dan metode konvensional, (4) mengetahui respon siswa terhadap cara guru memberikan pertanyaan kepada siswa pada metode cooperative learning dan metode konvensional, (5) mengetahui respon siswa terhadap cara guru dalam menarik kesimpulan pada metode cooperative learning dan metode konvensional, (6) mengetahui respon siswa terhadap cara guru menutup pelajaran pada metode cooperative learning dan metode konvensional. Manfaat penelitian yaitu (1) manfaat umum memberikan gambaran umum tentang perbedaan pelaksanaan metode pembelajaran cooperative learning dan konvensional pada materi sistem pengeluaran pada kelas 2, dan sebagai bahan masukan bagi para guru dalam menentukan dan memilih metode pembelajaran kelompok yang efektif. (2) manfaat khusus yaitu sebagai pengalaman bagi penulis dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang pernah diperoleh pada bangku kuliah terutama pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran, Strategi Belajar Mengajar dan Profesi Pendidikan. Batasan Penelitian (1) penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 2 SMP 3 Tempeh dengan materi pokok bahasan “Sistem Pengeluaran” semester genap tahun pelajaran 2003/2004. (2) pada efektifitas pembelajaran cooperative learning dan konvensional pengukuran hanya dilakukan pada prestasi belajar dan tidak dilakukan pada pengukuran yang lain. Jenis penelitian true experiment, waktu dan tempat penelitian dilaksanakan pada tanggal 9-18 maret 2004 di SMP 3 Tempeh Kab. Lumajang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP 3 Tempeh yang terdiri 4 kelas dan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yaitu dilotre. Metode pengumpulan data dengan tes dan angket. Desain penelitian The Pretest-Postest Control Group Design. Teknik analisis ada 2 yaitu teknik analisis instrumen menggunakan validitas isi dan reliabilitas dan teknik analisis data menggunakan deskriptif statistik dan uji t. Hasil analisis (1) pada perbedaan efektifitas hasil belajar rerata kelompok cooperative learning 3,172 dan rerata kelompok konvensional 2,346 (2) pada respon siswa terhadap proses pembelajaran, pada kelompok cooperative learning lebih besar dari kelompok konvensional. Kesimpulan (1) ada perbedaan efektifitas hasil belajar cooperative learning dengan kelompok konvensional pada siswa kelas 2 SMP 3 Tempeh semester genap tahun pelajaran 2003/2004, (2) ada perbedaan respon siswa terhadap proses pembelajaran pada kelompok cooperative learning dan kelompok konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:40
Last Modified: 05 Apr 2016 01:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24610

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo