UMM Institutional Repository

KEANEKARAGAMAN HEWAN TANAH PADA EKOSISTEM HUTAN RAKYAT DI DESA AENG PANAS KABUPATEN SUMENEP

Hidayat, Moh. Jefri (2014) KEANEKARAGAMAN HEWAN TANAH PADA EKOSISTEM HUTAN RAKYAT DI DESA AENG PANAS KABUPATEN SUMENEP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohjefrihi-36389-1-pendahul-n.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohjefrihi-36389-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Hewan tanah adalah hewan yang hidup di tanah, baik yang hidup di permukaan tanah maupun yang terdapat di dalam tanah. peranan terpenting dari hewan tanah di dalam ekosistemnya adalah sebagai perombak bahan organik yang memgang peranan penting dalam daur hara (Sugiyarto, 2003). Peran utama tersebut tidak dapat dirasakan langsung oleh manusia, tapi dapat dimanfaatkan setelah melalui jasa biota lainnya. Menurut Susilo dkk (1997) dalam Wulandari (1999) bahwa perubahan hidup hewan tanah disebabkan oleh dinamika bahan organik dan hara tanah sebagai sumber energi dan sumber makanan untuk kelangsungan hidup hewan tersebut selain membutuhkan habitat yang memiliki kelembapan tinggi dan faktor fisik yang mengakibatkan pula perubahan fauna tanahnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman makrofauna tanah pada ekosistem hutan rakyat di desa Aeng Panas kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan pada ekosistem hutan rakyat di desa Aeng Panas kabupaten Sumenep menggunakan teknik insidental sampling dengan metode Pengamatan langsung (plot), Pitt fall trap, dan Hand sortir. Metode pengamatan langsung (plot) terbagi dalam 20 plot berukuran 31,6 x 31,6 cm, metode Pitt fall trap menggunakan 4 buah bejana plastik berukuran 625 ml, dan metode Hand sortir dengan menggali tanah seluas 25 x 25 cm sampai kedalaman 10 cm pada setiap plot. Dari tiap-tiap metode tersebut diidentifikasi semua jenis makrofauna yang ada dan dihitung semua jumlah individu yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ekosistem hutan rakyat di desa Aeng Panas kabupaten Sumenep terdapat 18 famili makrofauna tanah yaitu: Anyphaenidae, Carabidae, Nymphalidae, Lycosidae, Acrididae, Scarabidae, Passalidae, Helicidae, Achantinidae, Lulusdae, Formicidae, Staphylinidae, Chrysomelidae, Termitidae, Thomisidae, Araneidae, Gliridae, dan Megascolecidae. Makrofauna tanah yang memiliki nilai dominansi tertinggi pada metode plot adalah formicidae dengan nilai INP 0,492, pada metode Pitt fall trap adalah Formicidae dengan nilai INP 0,812, dan pada metode Hand sortir nilai INP tertinggi adalah Megscolecidae yaitu 1,034. Sedangkan tingkat keanekaragamannya tergolong ke dalam kategori tinggi, yaitu 4,68.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:41
Last Modified: 05 Apr 2016 01:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24609

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo