UMM Institutional Repository

PENGARUH KONSENTRASI LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP TINGKAT KEMATIAN IKAN MAS (Cyprinus carpio L.)

Sa’diyah, Kumala (2004) PENGARUH KONSENTRASI LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP TINGKAT KEMATIAN IKAN MAS (Cyprinus carpio L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-kumalasa82-634-pendahul-n.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Limbah cair tahu mengandung zat organik dan anorganik yang mudah mengalami degradasi oleh bakteri. Selama ini limbah cair tahu langsung dibuang ke sistem perairan, sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kondisi perairan. Dalam hal ini lingkungan yang paling sering tercemar adalah sungai, sementara dewasa ini para pembudidaya ikan banyak yang menggunakan air sungai untuk mengairi kolam - kolam pemeliharaan ikan. Dengan demikian resiko terhadap tingkat kematian ikan akan bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi limbah cair tahu terhadap tingkat kematian ikan mas, dan juga untuk mengetahui pada konsentrasi berapa % limbah cair tahu yang paling berpengaruh pada kematian ikan mas (Cyprinus carpio L. ). Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan lima konsentrasi yang berbeda yaitu 0%, 2%, 4 %, 6 %, dan 8%. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dengan 3 kali ulangan, dan dilaksanakan di Balai Benih Ikan Punten, pada bulan mei 2004. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA (Analisis Varian Satu Arah ). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsentrasi limbah cair tahu akan cenderung meningkatkan jumlah ikan yang mati. Dan konsentrasi limbah cair tahu yang paling berpengaruh terhadap tingat kematian ikan mas ( Cyprinus carpio L. ) adalah limbah cair tahu dengan konsentrasi 8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:38
Last Modified: 05 Apr 2016 01:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24607

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo