UMM Institutional Repository

PERBEDAAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PEDESAAN DENGAN PERKOTAAN MALANG BERDASARKAN LATAR BELAKANG ORANG TUA

Sa’idah, Siti Khodijah (2004) PERBEDAAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PEDESAAN DENGAN PERKOTAAN MALANG BERDASARKAN LATAR BELAKANG ORANG TUA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2004-sitikhodij-638-PENDAHUL-N.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai pertumbuhan anak yang normal, diperlukan zat-zat gizi dalamjumlah yang cukup yang diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi oleh anak setiap hari. Dalam waktu yang cukup lama hal ini akan menjadi penentu status gizi anak. Dengan demikian konsumsi gizi masa kanak-kanak memberi andil terhadap status gizi masa dewasa. Status gizi merupakan penilaian terhadap gizi masyarakat untuk mengevaluasi dan memelajari tanda-tanda sebagai akibat kekurangan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan status gizi anak usia SD di pedesaan dengan perkotaan Malang berdasarkan latar belakang orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, dan teknik pengambilan sample menggunakan Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia SD yang bertempat tinggal di Malang propinsi Jawa Timur. Sedangkan sampelnya adalah siswa SDN Karang Widoro 02 dan SDN Tegalgondo 01 (pedesaan), SDN Dinoyo 01 dan SDN Oro-oro Dowo (perkotaan) yang berusia 6-12 tahun beserta orang tua siswa tersebut. Variable yag digunakan adalah variable bebas (latar belakang orang tua yaitu tingkat pendidikan ibu, tingkat pengetahuan ibu tentang gizi, tingkat pendapatan orang tua dan jenis pekerjaan ibu), variable terikat (status gizi anak usia SD). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei sampai 15 Mei 2004. teknik analisa data yang digunakan adalah Chi-square uji kesesuaian yang bertujuan untuk mengetahui apakah suatu distribusi frekuensi observasi sesuai secara bermakna (signifikan) atau tidak bermakna dengan distribusi ekspektasi/harapan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum tidak ada perbedaan status gizi anak usia SD di pedesaan dengan perkotaan Malang berdasarkan latar belakang orang tua. Hanya saja di pedesaan terdapat satu factor latar belakang orang tua yang berpengaruh pada status gizi anak usia SD yaitu tingkat pendidikan ibu (p < 0,05). Artinya status gizi anak usia SD di pedesaan Malang tergantung pada tingkat pendidikan ibu. Sedangkan di perkotaan Malang semua latar belakang orang tua yang diteliti tidak mempengaruhi status gizi anak usia SD. Artinya status gizi anak usia SD di perkotaan Malang tidak tergantung pada keempat factor latar belakang orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:30
Last Modified: 05 Apr 2016 01:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24600

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo