UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA CELENGAN GAMBAR (CELGAM) MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS IV SDN BENDOSARI 02 PUJON KABUPATEN MALANG

Hardian, Apriani Dwi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA CELENGAN GAMBAR (CELGAM) MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS IV SDN BENDOSARI 02 PUJON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aprianidwi-35192-1-pendahul-n.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aprianidwi-35192-2-babi.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas IV SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang, terdapat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hal ini disebabkan, karena guru masih kesulitan dalam menentukan media pembelajaran yang cocok dengan pelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini diantaranya: (1) mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media celengan gambar (CELGAM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang. (2) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media celengan gambar (CELGAM) siswa kelas IV materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang digunakan dari model Kemmis & Mc. Taggart (dalam Uno, 2012:87) dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan. (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang dengan jumlah 19 siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bendosari 02 Pujon Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, teknik tes dan dokumentasi, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar soal tes evaluasi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Hasil belajar siswa pada penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 70 mencapai 11 siswa atau 61.11% dan siswa yang belum tuntas memenuhi KKM ada 7 orang atau 38.89%. sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan terdapat 15 siswa atau 83.33% yang tuntas memenuhi KKM yang ditentukan, dan 3 siswa atau 16.67% belum memenuhi KKM yang diberikan. Pada ketuntasan klasikal sisklus I siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 61.11% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas memenuhi ketuntasan minimal mencapai 83.33%. hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media celengan gambar (CELGAM) dari 61.11% (tinggi) menjadi 83.33% (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:29
Last Modified: 05 Apr 2016 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24598

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo