UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN KESISWAAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Fitriali, Lila (2014) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN KESISWAAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilafitria-35215-1-pendahul-n.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilafitria-35215-2-babi.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan suatu unsur penting dalam organisasi pendidikan, semua unsur pelaksanaan pendidikan akan berjalan dengan baik jika dikelola dengan menggunakan konsep dan prinsip-prinsip manajemen yang sesuai dengan yang diharapkan. Benar dan baik akan berdampak pada efisiensi pelaksanaan program, meningkatkannya kualitas, dan produktifitas pendidikan yang pada akhirnya menjadikan lembaga tersebut bermutu untuk penataan atau pengaturan segala aktifitas yang berkaitan dengan siswa, yaitu mulai dari masuknya siswa sampai dengan keluarnya siswa tersebut dari suatu sekolah atau lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui manajemen kesiswaan di SD Muhammadiyah 1Malang. (2) Mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan manajemen kesiswaaan di SD Muhammadiyah 1Malang. (3) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi penghambat pelaksanaan manajemen kesiswaan di SD Muhammadiyah 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif Penelitian ini melakukan pengamatan terhadap subjek penelitian guna untuk memperoleh gambaran tentang manajemen kesiswaan pada SD Muhammadiyah 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan manajemen kesiswaan di SD Muhaamadiyah 1 Malang telah berjalan sesuai dengan tujuan dan karakteristik. Tujuan dan karakteristik yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bab II, pasal 3. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen kesiswaan yaitu mengatur atau menyusun waktu dan jadwal untuk menyusun program dan pemetaan pada siswa yang sesuai dengan bakat minat yang dimiliki.. (3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk meminimalkan kendala atau penghambat dalam pelaksanaan manajemen kesiswaan yaitu dengan mengatur jadwal yang sesuai kondisi dan keadaan di sekolah serta melakukan pengarahan atau pembinaan terhadap siswa untuk mengikuti kegiatan atau ekstra yang diadakan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:17
Last Modified: 05 Apr 2016 01:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24592

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo