UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN KASCING SEBAGAI MEDIA PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT APEL(Lycopersicum pyriforme)

Kusuma, Nila (2004) PENGGUNAAN KASCING SEBAGAI MEDIA PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT APEL(Lycopersicum pyriforme). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2004-nilakusuma-52-Pendahul-n.PDF

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penggunaan pupuk merupakan kebutuhan yang sangat vital pada lahan pertanian. Pupuk yang banyak digunakan para petani adalah pupuk kimia/buatan pabrik. Pupuk kimia memang dapat memberikan pengaruh yang baik bagi tanaman, namun penggunaannya dapat merusak struktur tanah. Oleh karena itu perlu dicari pupuk alternatif yang aman, misalnya pupuk organik. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai pupuk organik adalah kascing. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pemberian kascing di dala media tanam mempengaruhi pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman tomat dan Berapakah dosis pemberian kascing di dalam media tanam sehingga berpengaruh optimal pada pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman tomat apel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh pemberian kascing di dalam media tanam pada tanaman tomat apel dan untuk mengetahui dosis optimal kascing yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tomat apel. Jenis penelitian ini adalah eksperimental sungguhan (True Eksperimental) dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 7 perlakuan dengan ulangan 4 kali. Adapun perlakuan-perlakuan tersebut adalah perlakuan pemberian dosis kascing (Lumbricus rubellus) dengan dosis 0 gram, 150 gram, 200 gram, 250 gram, 300 gram, 350 gram, dan 400 gram. Dari hasil statistik diperoleh kesimpulan bahwa pemberian berbagai ragam dosis kascing (Lumbricus rubellus) berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tomat apel (Lycopersicum pyriforme) pada fase vegetatif dan fase generatif. Sedangkan dosis optimal kascing (Lumbricus rubellus) yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tomat apel pada fase vegetatif dan fase generatif adalah dosis 400 gram.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Apr 2016 12:12
Last Modified: 04 Apr 2016 12:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo