UMM Institutional Repository

PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN PELTONG PAMEKASAN

ARI, MOH. KUSNO (2014) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN PELTONG PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohkusnoar-35216-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohkusnoar-35216-1-pendahul-n.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar yang tinggi tidak hanya menjadi dambaan setiap anak yang menempuh pendidikan, para orang tua pun menginginkan anak-anaknya mendapat prestasi belajar yang tinggi di sekolah. Keluarga, terutama orang tua merupakan salah satu faktor penting yang berperan dalam pencapaian prestasi anak sebagai peserta didik di sekolah. Fenomena yang ditemukan peneliti dalam studi pendahuluan tersebut menunjukan bahwa masih minimnya dukungan keluarga, khsususnya dukungan orang tua terhadap proses pembelajaran anak. Untuk itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dukungan keluarga, apakah ada pengaruh dukungan keluarga terhadap tingkat prestasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif untuk mengukur pengaruh variabel dukungan keluarga terhadap variabel prestasi siswa. Variabel dukungan keluarga diukur dengan skala dukungan keluarga dan varibel prestasi belajar siswa diukur berdasarkan hasil akhir evaluasi belajar siswa. Subjek pada penelitian ini seluruh siswa kelas lima SDN Peltong Pamekasan yang berjumlah 30 orang. Tekhnik Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik, yakni analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis statistik regresi linier sederhana menunjukkan variabel dukungan keluarga memiliki nilai regresi (R) = 0,730 dengan kontribusi atau sumbangan efektif sebesar 53,2 % (R Square = 0,532) yang diperkuat dengan teknik Analysis of Variance (ANOVA) yang menghasilkan nilai F (hitung) = 31,891 > F (tabel) = 3,34 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) untuk variabel independen (dukungan keluarga). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dukungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 04 Apr 2016 12:08
Last Modified: 04 Apr 2016 12:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/24581

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo